Apa itu Shalawat Ibrahimiyah?

Apa itu Shalawat Ibrahimiyah? Shalawat Ibrahimiyah adalah shalawat yang selalu dibaca oleh umat Islam. Shalawat ini selalu dibaca pada saat duduk tasyahud di dalam shalat.  

Ada banyak perawi hadits yang meriwayatkan shalawat Ibrahimiyah ini diantarana Imam Bukhori, Imam Muslim, Imam Abu Dawud, Imam An Nasai dan imam At Turmudzi.

Menurut Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani selawat Ibrahimiyah adalah selawat yang paling sempurna shighatnya dibanding shalawat-shalawat yang lain.

Karena kesempurnaannya ini maka para ulama menentukannya sebagai shalawat yang dibaca ketika seorang Muslim melakukan shalat, di samping karena adanya kesepakatan perihal kesahihan haditsnya.  

Banyak keutamaan membaca shalawat Ibrahimiyah ini. Salag satunya hadis riwayat dari Imam Bukhari bahwasanya Rasulullah saw bersabda

من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له

Artinya: “Barangsiapa yang membaca shalawat ini maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya.”

Selain itu sebagian ulama mengatakan bahwa membaca shalawat Ibrahimiyah sebanyak seribu kali dapat menjadikan pembacanya melihat Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallam.

Sementara itu al Qisthilani dalam kitabnya al Mawahib al laduniyyah mengatakan bahwa shalawat ini adalah shalawat yang paling sempurna. Demikian juga Imam Nawawi dan ulama-ulama yang lain.

Berikut bacaan shalawat Ibrahimiyah :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim.

Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Jadi sudah tahu apa itu shalawat ibrahimiyah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain