Doa Keselamatan yang Lengkap

Keselamatan adalah sesuatu yang harus kita jaga. Dalam berbagai hal atau pekerjaan faktor keselamatan menjadi sangat penting. Kita harus tahu mana yang bisa mencelakakan kita dan hal apa yang menjadikan kita selamat.

Manusia hanya mampu berusaha untuk menjaga keselamatannya. Keselamatan itu tidak hanya soal jasmani kita, tetapi juga beragama kita, kehodupan setelah mati dan kehidupan di alam kubur.

Namun harus berikhtiar agar kita selalu dilindungi dari hal-hal yang membuat kita terhindar dari celaka. Ada banyak munajat atau doa tentang memohon keselamatan baik jasmani maupun ruhani.

Salah satunya adalah doa berikut ini.   


اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

“Allahumma inna nas aluka salamatan fiddiini wa ‘aafiyatan fil jasadi waziaadatan fil’ilmi wabarakatan firrizqi wataubatan qablal maut warahmatan ‘indal maut wamaghfiratan ba’dal maut allahumma hawwin’alainaa fii sakaraatil maut wa najjata minanaari wal’afwa indal hisaab

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Doa di atas mengajarkan kita untuk memohon keselamatan dalam agama yaitu memohon dijaga akhlak kita. Kemudian memohon dijaga kesehatan kita dan dijaga ilmu kita menjadi ilmu yang bermanfaat bukan ilmu yang merusak.

Doa tersebut juga mengajarkan kepada kita untuk keberkahan rezeki dan diberikan kesempatan untuk bertobat kepada Nya. Selain itu juga permohonan agar dipermudah dalam menghadapi sakaratul maut, dihindarkan dari siksa kubur dan diberikan ampunan di Hari Perhitungan.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain