Selawat Syekh Ibrahim yang Istimewa

Selawat ini dianjurkan untuk dibaca oleh para pencari Tuhan.

Banyak sekali manfaat ketika membaca selawat. Salah satunya adalah membaca selawat yang merupakan ijazah dari Syekh Ibrahim al Matlubi. Ulama ini dikenal sebagai waliyullah yang sedari kecil bertemu dengan Rasulullah saw.

Syekh Abdul Wahab Asy Sya’roni dalam kitabnya Thabaqat al Auliya mengatakan,” Beliau dalam poros besar kewalian. Beliau tidak memiliki syekh selain Rasulullah saw. Dia sering bermimpi dalam tidurnya dan menceritakan pada ibunya. Ibunya berkata,” Anakku, laki-laki itu adalah orang yang bisa bertemu Nabi SAW dalam keadaan terjaga.” Setelah itu beliau bisa bertemu dengan Nabi SAW dalam keadaan terjaga.” Kemudian bisa bertemu dengan Nabi SAW dalam keadaan sadar dan berbicara dengan beliau dalam berbagai hal. Ibunya berkata,” Sekarang engkau telah memulai derajat kelelakian.”

Adapun lafaz selawat yang diberikan oleh Syekh Ibrahim al Matlubi adalah sebagai berikut :    

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ بِكَ اَنْ تُصَلِّىَ وَتُسَلِّمَاعَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلٰى سَاءِرِالْاَ نْبِيَاءِوَالْمُرْسَلِيْنَ, وَعَلٰ آلِهِمْ وَصَحْبِهِمْ اَجْمَعِيْنَ, وَاَنْ

تَغْفِرَلِىْ مَامَضٰى, وَتَحْفَظَنِىْ فِيْمَا بَقٰى, يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma innii as aluka bika an tushalliya wa tusallima ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa saa iril anbiyaa i wal mursaliina, wa’alaa aalihim wa shah bihim ajma’iina, wa an taghfiralii maa madhaa, wa tahfdhanii fiimaa baqaa, yaa arhamar raahimiina .

“ Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada Mu, dengan Mu agar berselawat untuk junjunganku Muhammad, dan untuk semua Nabi dan Rasul, serta atas keluarga dan sahabat-sahabat mereka semuanya. Dan agar Engkau memaafkan kesalahanku yang telah lalu , dan menjagaku pada masa yang masih tersisa.”

Menurut Sayyid Muhammad dalam kitab Majmuahnya berkata,” Seyogyanya para pencari ( orang yang suluk) di tengah perjalanan mereka menyibukkan diri dengan membaca selawat yang dinisbahkan kepada, yang mengenal Allah, al arif billah Syekh Ibrahim al Matlubi, atau dengan selawat yang dinisbahkan kepada Syekh Syamsuddin al Hanafi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Syekh Abdul Wahab asy Sya’roni dengan menyebut bahwa selawat ini memiliki rahasia-rahasia dan keistimewaan yang tidak ternilai. Allahumma Sholli Alaih .   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang