Selawat Ibrahimiyah : Membacanya Seribu kali dapat Bertemu Rasulullah SAW

Selawat Ibrahimiyah paling banyak diriwayatkan dalam hadis.

Selawat Ibrahimiyah adalah selawat yang paling sering dibacanya oleh kaum muslimin. Hal ini dikarenakan selawat ini selalu dibaca pada duduk tasyahud dalam solat. Selawat ini adalah bentuk selawat Nabi yang paling sempurna.

Selawat ini oleh sebagian besar ulama disebut selawat yang paling sempura sighatnya. Menurut Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani, Selawat Ibrahimiyah adalah selawat yang paling sempurna shighatnya dibanding selawat-selawat yang lain, baik yang ma’tsurah (diriwayatkan dari Nabi) maupun yang tidak ma’tsurah.

Banyak perawi hadis yang meriwayatkan selawat ini seperti Bukhari, Muslim, At Tirmidzi, Abu Dawud dan an nasai. Begitu pula ulama yang menyebutnya dalam kita seperti mam Malik dalam kitab Al Muwatha.

Banyaknya periwayatan hadits tentang Selawat Ibrahimiyah menyebabkan rupa-rupa redaksi selawat Ibtahimiyah ini. Salah satunya yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi.

Tentang keutamaan membaca selawat ini, Sekh Imam as Shawi berkata,” Imam Bukhari meriwayatkan dalam beberapa kitabnya, bahwa Nabi SAW berkata,” Barang siapa membaca selawat ini (Selawat Ibrahimiyah) maka aku akan memberikan kesaksian di hari kiamat dan aku akan menolongnya (memberikan safaat kepadanya).”

Tentang keutamaan Selawat Ibrahimiyah, para ulama ada yang menyebut membacanya 1000 kali akan bermimpi jumpa dengan Kanjeng Nabi Muhammad SAW.  

Diantara keutamaan membaca selawat ini jika dibaca setiap hari secara rutin, insyaallah akan memberi pengaruh positif yang besar sekali bagi yang membacaya.

Apabila mempunyai keinginan menunaikan ibadah haji, mala perbanyak membaca selawat ini. Dengan dengan berkah Nabi Ibrahim, keinginannya akan terlaksana.

Berikut adalah lafad dari Selawat Ibrahimiyah ini :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain