Pahala Membaca Surat Al Muawidzat di Hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari paling mulia dibanding hari lain. Banyak sekali amalan atau zikir yang surat Kahfi, surat Yasin hingga memperbanyak selawat. Tidak hanya itu dianjurkan pula untuk membaca surat yang tergabung dalam al Muawidzat sebanyak tujuh kali. Tentu bagi yang mengerjakannya mendapat beberapa keutamaan.  

Surah Al-Mu’awwidzat adalah surat yang terdiri dari surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Surah Al-Mu’awwidzat memiliki kedudukan yang tinggi di antara surah-surah lainnya.

أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقْرَأَ الْمُعَوِّذَاتِ دُبُرَ كُلِّ صَلَاة

 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan padaku untuk membaca mu’awwidzaat di akhir shalat (sesudah salam).” (HR. An-Nasai)

Menurut Ibu hajar Al Asqolani dalam Kitab Fathul Bari yang dimaksud mu’awwidzaat adalah surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Hajar Al Asqolani.

Ketiga surat ini dianjuran dibaca pada hari Jumat sebagaimana sabda Rasulullah SAW. Dari ‘Uqbah bin ‘Amir, ia berkata : Dari Anas RA bahwa Nabi SAW bersabda, ‘Barang siapa yang membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlash, Al-Falaq dan surat An-Nas (al-mu`awwidzatain) masing-masing sebanyak tujuh kali ketika imam selesai membaca salam shalat Jumat, sebelum melipat kakinya, Allah akan mengampuni dosanya yang lalu dan sekarang, dan diberi pahala sebanyak orang yang beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya

Selain itu As-Suyuti dalam kitabnya, ‘Amal Yaum wa Lailah memberikan keterangan sebagai berikut Nabi SAW membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas usai shalat Jumat sebanyak tujuh kali dan beliau juga memperbanyak selawat pada hari Jumat dan malamnya. Ia juga mengerjakan shalat sunah setelah shalat Jumat di rumahnya, tidak di masjid. Setelah itu apa yang dilakukan Nabi SAW? Beliau mengunjungi saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah.”

Rasulullah SAW sendiri membiasakan untuk selalu membaca ketiga surat tersebut.  Usai membacanya, Rasulullah kemudian berdoa dan beliau melakukan shalat sunah di rumahnya.  Banyak keutamaan membaca surat muawidzat ini. Salah satunya adalah diampuni dosanya dan Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang