Doa dari Malaikat Jibril Ketika Menghadapi Kesulitan

Sebagai manusia, kita kadang dihadapkan pada masa-masa yang sulit. Tentu saja banyak cara untuk keluar dari kesulitan tersebut. Namun tidak hanya dengan usaha fisik yang nyata, tetapi juga dengan usaha ruhani yaitu berdoa memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Doa menjadi salah satu kunci kita untuk keluar dari masalah atau kesulitan. Doa adalah pintu yang besar diantara pintu-pintu ibadah lainnya, dalam menghambakan diri kepada Allah SWT dan memperlihatkan ketundukan diri kepada Nya.

Disebutkan bahwa banyak pengertian tentang doa. Salah satunya adalah bermakna istighosah atau memohon pertolongan atau bantuan. Maka jika kita mengalami kesulitan berdoalahatau mintalah pertolongan kepada Allah SWT, karena Allah SWT akan menolong keluar dari kesulitan.

Rasulullah saw banyak mengajarkan kita tentang doa. Salah satunya adalah doa meminta pertolongan ketika dalam kesulitan. Doa ini diajarkan oleh malaikat Jibril. Berikut doanya :     

تَوَكَّلْتُ عَلَى الْحَيِّ الَّذِي لَا يَمُوتُ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنْ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيرًا

Tawakkaltu ‘alal hayyillazi la yamutu. Alhamdulillahillazi lam yattakhiz waladan wa lam yakullahu syarikun fil mulki wa lam yakullahu waliyyun minuz zulli wa kabbirhu takbiron.

“Aku pasrah kepada Zat Yang Maha Hidup dan tidak akan pernah mati. Segala puji bagi Allah yang tidak mengambil anak, dan tidak memiliki sekutu dalam kerajaan-Nya, dan tidak memiliki pembela dari kehinaan, dan besarkanlah Allah sebesar-besarnya.”

Adapun doa ini bersumber dari sebuah hadis riwayat Imam Hakim dari Abu Hurairah. Bahwasanya Rasulullah saw bersabda :

مَا كَرَبَنِي أَمْرٌ إلَّا تَمَثَّلَ لِي جِبْرِيلُ فَقَالَ : يَا مُحَمَّدُ قُلْ تَوَكَّلْتُ عَلَى الْحَيِّ الَّذِي لَا يَمُوتُ  وَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنْ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيرًا

“Tidaklah suatu perkara menyulitkan aku kecuali Jibril menjelma bagiku, kemudian dia berkata, ‘Ucapkan, wahai Muhammad; Tawakkaltu ‘alal hayyillazi la yamutu. Dan ucapkanlah; Alhamdulillahillazi lam yattakhiz waladan wa lam yakullahu syarikun fil mulki wa lam yakullahu waliyyun minuz zulli wa kabbirhu takbiron.’ (sumber : bincangsyariah.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang