Dahsyatnya Membaca Hasbalah

Bacaan hasbalah adalah bacaan yang sering diucapkan tatkala meminta pertolongan dari Allah SWT. Kalimat hasbalah ini pernah diucapkan oleh Rasulullah SAW ketika mendapatkan kesulitan akibat pengepungan Madinah oleh pasukan Ahzab dalam perang Khandaq. Berkah dari bacaan hasbalah ini umat Islam mendapatkan kemenangan.

Hal ini diabadikan dalam surat Ali Imran ayat 173:

اَلَّذِيۡنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدۡ جَمَعُوۡا لَـكُمۡ فَاخۡشَوۡهُمۡ فَزَادَهُمۡ اِيۡمَانًا  ۖ وَّقَالُوۡا حَسۡبُنَا اللّٰهُ وَنِعۡمَ الۡوَكِيۡلُ

”Yaitu orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, ‘Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka.’ Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, ‘Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung’.”

Ibnu Abbas ra. menerangkan bahwa bacaan hasballah adalah :

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Hasbunallah wa ni’mal wakil

Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami

Cukan juga menjadi ucapan Nabi Ibrahim AS tatkala dirinya dibakar oleh raja Namrud. Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari menyebutkan bahwa  Rasulullah SAW, ”Akhir kalimat yang diucapkan oleh Ibrahim ketika dicampakkan ke dalam api ialah  hasbunallah wani’mal wakil.”

Kalimat Hasballah ini juga pernah diucapkan oleh ‘Aisyah RA ketika ia mengharapkan pertolongan Allah, di saat kabar bohong tentang dirinya beredar.

Tentang dzikir bacaan hasbalah ini, sebagian ulama menjelaskan dengan bilangan yang berbeda. Ada yang membacanya setiap hari sebanyak 450 kali, 950 kali, 4000 kali, 7000 kali, dan bahkan ada yang 19.000 kali. Namun yang termasyhur adalah bilangan 450 kali. (Dari berbagai sumber)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

doa

Doa-Doa Nabi Muhammad saw

Doa-doa Nabi Muhammad saw yang penting untuk diamalkan. PITUTUR ID. Doa adalah pangkalnya ibadah. Demikian sabda Rasulullah saw dalam buah hadis sahih yang diriwayatkan oleh