Sholawat dari Wali Kutub Syekh Syamsuddin Muhammad Al-Hanafi

Wali Kutub

Syekh Syamsuddin Muhammad al-Hanafi seorang waliyullah memegang maqam wali kutub selama lebih dari 46 tahun. Beliau sezaman dengan ulama masyhur lainnya yaitu Ibnu Hajar al Asqalani.

Wali kutub adalah pemimpin para waliyullah di zamannya. Ulama ini adalah salah satu ulama yang masyhur di zamannya dengan berbagai keilmuwannya.

Ulama masyhur ini berasal dari Mesir. Dari silisilahnya ada yang mengatakan bahwa beliau adalah keturunan dari Abu Bakar as Sidiq. Sejak kecil telah menjadi yatim piatu. Kemudian ia diasuh oleh bibinya yang menginginkan agar Syamsuddin belajar membuat kendang.

Namun Syamsuddin kecil memilih kabur untuk belajar Al Qur`an dan ilmu agama bagi anak-anak di masa itu. Salah satu teman belajarnya adalah Ibnu Hajar Al Asqalani ulama masyhur.

Dikisahkan saat berkhalwat Syekh Syamsuddin telah diperintahkan oleh Rasulullah SAW untuk memperbanyak sholawat kepadanya. Maka kemudian lahirlah sebuah selawat yang  menjadikan selawat ini sebagai wirid dalam khalwatnya sebelum terbenam matahari.

Adapun bacaan selawatnya adalah sebagai berikut :

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد ٍالنَّبيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ عَدَدَ ماَ عَلِمْتَ وَزِنَةَ ماَ عَلِمْتَ وَمِلْءَ مَا عَلِمْتَ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam atas Muhammad, Nabi yang ummi; juga kepada keluarga dan para sahabatnya, sebanyak jumlah apa Yang Engkau ketahui, seindah apa Yang Engkau ketahui, dan sepenuh apa Yang Engkau ketahui.”

Sholawat ini adalah selawat ke-40 yang dicatat oleh Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani dalam bukunya Afdhalush Sholawat ‘ala as Sayyid as Sadat. Ditulis dalam buk tersebut bahwa selawat ini bersumber dari rahasia-rahasia dan keajaiban yang tidak ternilai.

Sayyid Ahmad Dahlan dalam kitab Majmuahnya menulis : “ Dua lafadz selawat yaitu selawat milik Syekh Syamsuddin Muhammad al Hanafi dan Syekh Ibrahim al Matlubi bersumber dari rahasia-rahasia dan keajaiban yang tak ternilai. Tidak sepatutnya memperpanjang bahasan tentang rahasia-rahasia yang dikandungnya: orang cerdas cuku dengan isyarat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang