Doa Memohon Keselamatan dari Bencana

Berdoa menjadi salah satu kewajiban setiap orang Islam. Salah satunya adalah berdoa memohon kepada Allah Ta ’ala untuk keselamatan jiwa maupun raga kita dari segala macam bencana.

Berbagai doa tentang permohonan keselamatan telah diberikan oleh Rasulullah saw. kepada kita umat Islam. Salah satunya adalah termaktub dalam surat Al Baqarah ayat 285-286. Menurut Ibnu Katsir, seorang ulama ahli tafsir Al Quran pada abad XIV ini menjelaskan tentang keutamaan membaca doa ini.

Disebutkan ada sepuluh hadis yang menerangkan tentang fadillah dari bacaan doa ini. Salah satu hadis datangnya dari sahabat Abdullah bin Mas’ud.   Nabi saw. telah bersabda: “Barangsiapa yang membaca dua ayat yang akhir surah Al-Baqarah (ayat 285-286) setiap malam, maka dia akan mendapatkan keselamatan.”

Sedangkan menurut riwayat al Baihaqi, Nabi saw. bersabda : “Dua ayat dari akhir surat al Baqarah, apabila seseorang membacanya di malam hari, terpeliharalah ia dari segala bencana.”  

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا

طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbana la tuakhidzna in nasiina aw akhtho’na, Rabbana wala tahmil ‘alayna isran kama hamaltahu ‘alal ladziina min qablina, Rabbana wala tuhammilna ma la thoqota lana bih, wa’fu ‘anna waghfir lana warhamna anta mawlana fanshurna ‘alal qawmil kafiriin

Artinya :

“Ya Tuhan, janganlah Engka siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Tuhan, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana telah Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kamj, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir.”

Itulah doa yang diajarkan oleh Rasulullah saw. agar terhindar dari bencana yang tidak tahu kapan akan datang menimpa kita. Berdoa adalah senjata ampuh kaum muslimin untuk menggapai keselamatan dunia akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain