Doa Ampuh Mempermudah Kesulitan

Setiap manusia mempunyai urusan atau masalah. Rasulullah saw. memberikan kita doa ampuh untuk mempermudah kesulitan yang kita hadapi.

Masalah menjadi sesuatu yang lumrah menerpa setiap manusia. Banyak cara untuk menyelesaikannya. Kadang penyelesaiannya ada yang mudah, ada juga yang sulit. Untuk saja dalam menghadapi kesulitan masalah itu tidak perlu kerja keras saja, tetapi juga harus berdoa. Hal ini penting dilakukan agar kita mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Rasulullah sendiri mengajarkan kita berbagai macam doa. Salah satunya adalah ketika kita merasakan silit untuk menyelesaikan satu urusan. Doa ini diambil dari kitab Al Adzkar karya Imam Nawawi yang diambil dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Sunny. Dalam sebuah artikel ada yang menyebut doa ini diambil dari hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik.

Berikut adalah doa ampuh yang diajarkan oleh Rasulullah saw. ketika kita sukar untuk menyelesaikan urusan yang diambil dari buku Pedoman Dzikir dan Doa karya Teungku Muhammad Hasby As Siddieqy:  

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ سَهْلاً إِذَا شِئْتَ

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya :

Wahai Tuhanku, tak ada yang mudah melainkan apa yang telah Engkau jadikannya mudah. Engkau yang dapat menjadikannya belukar, tanah yang datar apabila engkau kehendaki

Ada beberapa faedah yang bisa diambil dari doa diatas.

  1. Segala urusan yang kita hadapi akan diberi oleh oleh Allah, dikehendaki oleh-Nya.  
  2. Apapun yang kita kerjakan dalam urusan menyelesaikan urusan, harus bergantung kepada Allah SWT dengan bertawakal. Jangan sampai kita percaya diri dan percaya bahwa Allah Ta’ala menyelesaikan segala urusan.   
  3. Manusia hanya berusaha dengan berbagai bentuknya, namun Allah yang menyelesaikannya dan memudahkannya.
  4. Apabila kita mengamalkan doa ini maka Allah SWT akan lebih mudah.

Dengan berdoa menjadi lebih tenang dan muda dalam menyelesaikan urusan yang wajib. Seperti sabda Rasulullah saw. Doa adalah senjata seorang Mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. Wallahu A’lam bi showab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang