Doa Saat Tertimpa Musibah

doa

Musibah akhir akhir ini datang silih berganti. Tentu hal ini harus disikapi dengan penuh kesabaran. Salah satunya adalah dengan melakukan doa saat tertimpa musibah.

Menghadapi musibah ini Rasulullah SAW membimbing kita untuk selalu berdoa kepada Allah ketika tertimpa musibah. Belia juga mengajarkan bagaimana doa saat tertimpa musibah. Dalam Al Quran ada 77 kali disebutkan dan tersebar pada 56 ayat di dalam 27 surah.

Menurut syekh Abdul Qadir Jilani, bencana bukan merupakan suatu azab namun merupakan suatu cobaan untuk meningkatkan kualitas keimanan manusia kepada Allah.

Musibah juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang kedatangannya tidak disukai oleh manusia. Hal ini sebagaimana sebuah hadis Jami’ Sahih al-Bukhori;

(من يرد الله به خيرا يصيب منه (أي ابتلاه بالمصائب ليتيبه عليها، وهو الأمر المكروه ينزل بالإنسان

Artinya :

(Barang siapa yang dikehendaki Allah SWT untuk mendapat kebaikan, maka dia akan ditimpa musibah. Yakni di uji dengan berbagai bencana, supaya Allah SWT memberikan pahala kepadanya. Musibah adalah perihal yang turunnya atau kehadirannya pada manusia tidak disukai).

Namun ada juga yang memaknai bahwa musibah bisa berubah menjadi anugerah bagi orang tertentu.  Tentang hal ini ahli tafsir, Prof. Dr. M Quraish Shihab, menyebutkan musibah tidak selalu terikat dengan bencana, tetapi mencakup segala sesuatu yang terjadi, baik itu bersifat positif maupun negatif, baik anugerah maupun bencana.

Tentang musibah Rasulullah SAW mengajarkan kita tentang doa saat tertimpa musibah. Adapun doanya sebagai berikut:

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un. Allahumma ajirni fî mushibati wa akhlif li khairan minha.

Artinya:

“Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.”

Disebutkan dalam hadits Shahih Muslim bahwa barangsiapa membaca doa tersebut, Allah SWT akan memberinya pahala dalam musibahnya dan memberinya ganti yang lebih baik daripadanya.

Wallahu ‘Alam bi Showab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang