Empat Amalan Menjelang Tidur

tidur

Rasulullah SAW mengajarkan doa kepada kita tentang berbagai hal yang terkait dengan kehidupan. Salah satunya adalah memberikan empat amalan menjelang tidur


Beberapa ayat dalam Al Quran menjelaskan tentang tidur. Salah satunya, surat Az Zumar ayat 42. Dalam ayat tersebut, Allah SWT berfirman, “Allah yang mengangkat roh seseorang ketika dia mati dan ketika tidur. Maka di tanganNya, roh orang yang ditakdirkan mati dan dikembalikan roh orang yang tidur sampai ajal tertentu. Sesungguhnya itu merupakan ayat bagi orang yang mau berpikir.”


Rasulullah SAW mengajarkan beberapa adab maupun amalan ketika hendak tidur. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah berkata kepada Aisyah, “Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal. Pertama menghatamkan al-Qur’an. Kedua menjadikan para Nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Ketiga meminta ridha dari semua kaum muslimin. Keempat melaksanakan haji dan umrah”.

Kemudian Aisyah menjawab “Bagaimana aku bisa melakukan keempat hal tersebut?”


Kemudian dengan tersenyum Rasulullah SAW bersabda“Apabila engkau membaca surat al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan engkau telah mengkhatamkan al-Qur’an. Dan apabila engkau bersholawat kepadaku dan kepada semua Nabi-Nabi maka engkau sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaatmu. Dan apabila engkau beristighfar untuk kaum muslimin, maka engkau telah menjadikan mereka ridha kepadamu. Dan terakhir apabila engkau membaca tasbih seolah engkau telah melaksanakan haji dan umrah.”


Empat amalan menjelang tidur yang diajarkan Rasulullah SAW secara lengkap sebagai berikut:


قل هو الله أحد


(Qul huwallau ahad … hingga selesai suart ikhlas di baca sebanyak 3x)


اللهم صل على سيدنا محمد وعلى جميع الأنبياء والمرسلين

(Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa ala jami’il anbiya’ wal mursalin, 3x)


اللهم اغفرلى ولولدي ولجميع المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات

(Allahummaghfirli wa liwalidayya wa li jami’il muslimin wal muslimat wal mu’minin wal mu’minat, 1x)


سبحان الله والحمد لله ولا اله الا الله والله اكبر ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم


(Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar, wa la haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adhim, 7x)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang