Sholawat Pembuka Pintu Rahmat

sholawat

Sholawat ini adalah salah satu sholawat yang mempunyai banyak keutamaan bagi yang membacanya. Sholawat ini termasuk sholawat yang pendek. Bahkan orang meyakini bahwa sholawat ini adalah sholawat yang sering dibaca oleh para waliyullah. Dalam sebuah keterangan disebutan bahwa sholawat ini disebut sholawat pembuka pintu rahmat

Sholawat ini juga sering dijuluki sebagai sholawat untuk memperlancar rezeki. Ada yang mengijazahkan bahwa membaca sholawat ini sebanyak 1000 kali akan memperlancar rezeki. Ada juga yang mengatakan membacanya sebanyak 3333 kali. Pendek kata sholawat Jibril adalah sholawat cespleng untuk mempelancar rezeki.

Ada beberapa keterangan mengenai sholawat ini. Mengutip dari sebuah buku berjudul Afdhal Sholawat ‘ala Sayyid as Sadat kara Yusuf bin Ismail an Nabhani, disebutkan bahwa Imam asy Sya’roni berkata,” Rasulullah pernah bersabda: “Barangsiapa membaca sholawat ini maka, maka ia telah membuka tujuh puluh pintu rahmat untuk dirinya, dan Allah SWT akan menitipkan cintaNya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya, kecuali orang-orang yang menyimpan kemunafikan.

Sedangkan as Shakhawi yang pendapat Imam As Samarqandi berkata,”Saya mendengar Nabi Khidhir as. dan Ilyas as. berkata,” Tidak seorang pun membaca Shallallhu ‘ala Muhammad (semoga Allah memberi rahmatNya kepada Muhammad), kecuali bahwa manusia itu akan mencintainya walaupun sebenarnya mereka membencinya. Demi Allah, mereka tidak akan mencintainya kecuali Allah Azza wa jallamencintai dia.” Dalam keterangan lain disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Barangsiapa membaca sholawat ini maka ia telah membuka tujuhpuluh pintu rahmat untuk dirinya.”

Adapun bacaan sholawat Jibril adalah sebagai berikut :

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallahu ‘Ala Muhammad

“Semoga Allah memberi rahmatNya kepada Muhammad”

 Marilah selalu membaca sholawat. Sebab dengan membacanya kita akan mendapatkan keberkahan dan syafaat dari junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW. Jika anda amalkan dengan istiqomah membaca sholawat yang paling pendek ini maka akan terasa lebih manfaatnya. Untuk itu kita biasakan untuk membaca sholawat pembuka pintu rahmat ini. Wallahu A’lam bi Showab.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

nyadran

Tradisi Menyambut Ramadhan

Di Indonesia menjelang Ramadhan mempunyai banyak tradisi. Sebagai penduduk Islam yang banyak, bulan suci ini sangatlah di tunggu-tunggu. Tradisi menyambut Ramadhan bahan menjadi acara tahunan