Doa Ketika Memasuki Bulan Ramadhan

doa ramadhan

Bulan Ramadhan sebentar lagi datang. Datangnya bulan tersebut menjadi kabar gembira, mengingat bulan Ramadhan adalah bulan yang keberkahan. Rasulullah SAW, sendiri menyampaikan kabar gembira tentang bulan Ramadhan. dimana bulan ini Allah memberikan ampunan dan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Untuk itu  Rasulullah SAW memberikan kita doa ketika bulan memasuki Ramadhan akan tiba.

Rasulullah SAW bersabda, “Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan.”

Imam al-Nawawi dalam kitabnya al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab menyebutkan bahwa membaca doa ketika memasuki bulan ramadhan atau hilal yaitu saat mengetahui tanda awal Ramadhan adalah sunah. Sebagaimana dikisahkan Thalhah Ibn ‘Ubaidillah bahwa Nabi SAW saat melihat hilal membaca buah doa .

Adapun doa seperti dikutip dari laman nu.or.id adalah sebagai berikut :

اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله

Allahumma Ahillahu ‘alainaa bil amni wal iiman wassalaamati wal Islaam, wattaufiiqi lima tuhibbu watardho, rob bunaa warobbukallah

Artinya, “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Hadis di atas diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi. Namun ada juga hadis lain yang menjelaskan doa Nabi SAW ketika masuk bulan Ramadhan. Berdasarkan hadis tersebut, disunnahkan membaca doa  ketika melihat hilal Ramadhan.  

Dengan membaca doa tersebut berharap bahwa Allah SWT dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh dengan kesungguhan dan dilandai ketakwaan kepadanya. Hal ini didasari bahwa  Rasulullah SAW sangat menunggu kedatangan Ramadhan. Beliau selalu mempersiapkan diri agar bisa maksimal beribadah di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW memunajatkan doa-doa tertentu dalam rangka menyambut Ramadhan.

Untuk itu juga harus berniat menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang gembira. Sebab pada bulan ini adalah bulan penuh ampunan. Oleh sebab itu kita harus mempersiapkan diri baik jasmani dan ruhani dengan sungguh-sungguh. Semoga mendapatan keberkahan di bulan suci ini Wa Allahu A’lam biShowab.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang