Amalan yang Akan Didoakan 70 ribu Malaikat

surat al ikhlas

Surat al Ikhlas adalah salah satu surat yang mempunyai banyak keutamaan bagi yang membacanya. Salah satunya keutamaan surat al Ikhlas adalah terpelihara dari berbagai macam bencana. Namun ada juga kisah menarik seorang sahabat Rasulullah saw. yang istikamah membaca surat al Ikhlas. Inilah amalan yang akan didoakan 70 ribu malaikat.

Di zaman Nabi saw ada seorang sahabat bernama Muawiyah bin Muawiyah al Laytsi. Beliau adalah salah satu sahabat yang istikamah membaca surat al Ikhlas ketika hendak keluar rumah dan masuk rumah.

Ketika  Muawiyah wafat, Rasulullah saw bertakziah dengan para sahabat lainnya. Saat ini Nabi kaget karena melihat ribuan malaikat ada di sekitar Muawiyah. Karena penasaran, Rasulullah saw mencari kebiasaan semasa hidupnya.  Lalu Rasul saw tahu bahwa kebiasaan Muawiyah adalah istikamah dalam membaca surat al Ikhlas. 

Disebutkan kejadian ini setelah usai perang Tabuk. Saat itu sebenarnya Muawiyah ingin ikut berperang dengan Rasulullah saw, namun karena demam tinggi, Muawiyah tidak diperbolehkan. Akhirnya ia hanya berdiam diri di Madinah. Dalam perjalanan pulang Rasul saw mendengar bahwa Muawiyah wafat. Dan disana beliau meihat 70 ribu mailakat yang ikut berkumpul mendoakannya sampa-sampai matahari redup

Dalam beberapa hadis Nabi, membaca surat Ikhlas itu mempunyai banyak keutamaan. Salah satunya hadis riwayat Abu Daud dan at Turmudzi, Rasulullah saw bersabda,”Barang siapa membaca surat al Ikhlas tiga kali maka ia telah membaca al Quran seluruhnya.”

Sementara hadis lain yang diriwayatkan oleh Ahmad, Rasulullah saw bersabda,”Barang siapa membaca surat al Ikhlas 3 kali maka Allah Ta’ala membuatkan istana dalam surga.” Sedangkan at Thabrani meriwayatkan sebuah hadis, Rasulullah saw bersabda,” Barangsiapa membaca surat Ikhlas seratus kali, di dalam solat dan diluar solat, niscaya Allah melepaskan dia dari neraka.”   

Adapun surat al ikhlas adalah sebagai berikut :

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Qul Huwallahu Ahad. Allahush shomad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakul lahuu kufuwan Ahad)

Katakanlah (Muhammad): “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.” (Surah Al-Ikhlas:1-4)

Itulah beberapa keutamaan surat al Ikhlas. Salah satunya ketika istikamah membaca surat al Ikhlas. Inilah amalan yang akan didoakan 70 ribu malaikat. Wallahu A’lam Bishowab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain