Doa Husnul Khatimah dari Syekh Nawawi Banten

berdoa

Husnul khatimah atau akhir hayat yang baik menjadi hal penting harus selalu diusahakan. Ada berbagai cara untuk menggapainya diantaranya adalah amal baik dan istikamah dalam beribadah kepada Allah. Selain itu adalah memanjatkan doa. Salah satunya doa husnul khatimah dari Syekh Nawawi Banten.

Allah SWT berfirman dalam Surat Ali Imran, ayat 102, :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.”

Dalam kitab At-Tadzkirah fi Ahwalil Mauta wa Umuril Akhirah karya ImamAl Qurtubi menyatakan ada sebuah riwayat bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,” Ketika seorang hamba mendekati ajalnya maka duduklah dua setan di sampingnya. Setan di sebelah kanan yang menyerupai ayahnya mengatakan: “Wahai anakku, aku sangat sayang dan cinta kepadamu. Jika kamu mau mati, maka matilah dengan membawa agama Nasrani sebab itu  adalah sebaik-baik agama.” Sedangkan setan yang di sebelah kiri menyerupai ibunya, dan mengatakan: “Wahai anakku, perutku dahulu tempat hidupmu dan air susuku sebagai minumanmu serta pangkuanku sebagai tempat tidurmu, maka aku minta hendaknya kamu mati dengan membawa agama Yahudi sebab itu adalah sebaik-baik agama.”

Agar terhindar penyesatan setan tersebut , maka Rasulullah SAW memberikan tuntunan kepada untuk berdoa memohon kepada Allah agar senantiasa menetapkan iman kita sampai akhir hayat kita.

Salah satu doa husnul katimah ini termaktub dalam kitab Nashaihul ‘Ibad, Syekh Nawawi al-Bantani memberikan doa agar kita dapat menggapai husnul khatimah ini. Ulama bernama lengkap Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi ini menjelaskan bahwa diantara kita agar mendapatkan husnul khatimah adalah membiasakan untuk membaca doa berikut ini:  

 اللّهُمَّ أَكْرِمْ هٰذِهِ الْأُمَّةَ الْمُحَمَّدِيَّةَ بِجَمِيْلِ عَوَائِدِكَ فِي الدَّارَيْنِ إِكْرَامًا لِمَنْ جَعَلْتَهَا مِنْ أُمَّتِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Allahumma akrim hadzihil ummatal muhammadiyyata bi-jamili ‘awaidika fid daraini ikraman liman ja’altaha min ummatihi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Artinya: “Ya Allah, muliakanlah umat Nabi Muhammad dengan keindahan orang-orang yang kembali kepada-Mu di dunia dan akhirat, sebagai penghormatan-Mu kepada orang yang telah Engkau jadikan bagian dari umatnya.”

Waallahu A’lam Bishowab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain