Doa Ketika Hendak Keluar Rumah

berdoa

Beraktivitas keluar rumah mempunyai banyak konsekuensi yaitu sesuatu yang baik maupun hal buruk. Untuk itu Rasulullah saw menganjurkan kita untuk berdoa terlebih dahulu agar terhindar dari bahaya dan kejelekan ketika hendak pergi ke suatu tempat. Salah satunya doa ketika hendak keluar dari rumah telah diajarkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadisnya.

Berikut doa yang diajarkan Rasulullah saw ketika hendak keluar rumah untuk melakkukan berbahagai macam aktivitas:

بسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ على اللَّهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللَّهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallaahi wa laa haula wa laa quwwata illaa billah(i)

Artinya: Dengan menyebut nama Allah. Aku bertawakkal kepada Allah, dan  tiada daya serta kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah. (Diriwayatlan oleh Imam Abu Daud, Tirmidzi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah).

Selain itu ada sebuah hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar. Doa ini sebagai tambahan agar kita juga di bubakan pintu rezeki ketika hendak beraktivitas di luar rumah. Berikut bacaan doanya:

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillahi ‘ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radhdhini bi qadha’ika, wa barik la fima quddira li hatta la uhibba ta‘jila ma akhkharta, wa la ta’khira ma ‘ajjalta.

Artinya, “Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.”

Doa ini adalah doa yang mengharapkan pintu-pintu rizki ketika kita di luar rumah. Doa ini disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkarul Muntakhabah min Kalami Sayyidil Abrar. Dengan mengamalkan doa tersebut insyaallah akan dibukakan pintu-pintu rizki dari Allah Azza wa Jalla.

Dengan membaca doa keluar rumah tersebut diharapkan akan terhindar dari mara bahaya, kejelekan dan sekaligus dibukakan  pintu-pintu rezeki oleh Allah Ta’ala. Waallhu A’lam Bishowab.     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain