Baca Sholawat Kebahagiaan Akan Bahagia Dunia Akhirat

sholawat

Menjadi bahagia adalah tujuan banyak orang. Namun demikian ada sesuatu yang kadang membuat rasa bahagia itu hilang. Ada beberapa nasihat para ulama maupun para wali, ketika tidak dalam bahagia maka perbanyak membaca sholawat. Salah satunya adalah membaca sholawat kebahagiaan.

Dalam sebuah hadis disebutkan bawa  Ubay bin Ka’ab radhiyallahu’anhu berkata : “Wahai Rasulullah,sesungguhnya saya memperbanyak bacaan sholawat untukmu,maka berapakah jumlah sholawat yang harus saya ucapkan untukmu ?” Beliau menjawab,“Tergantung kehendakmu”, Ia berkata : “Apakah seperempat (dari waktu zikirku) ?”Beliau menjawab, “ Tergantung kehendakmu,  namun apabila engkau menambahnya maka itu lebih baik bagimu”. Ia berkata : “Kalau begitu apakah saya menambahkannya menjadi sepertiga ?”Beliau menjawab, “Tergantung kehendakmu,namun apabila engkau menambahnya maka itu lebih baik bagimu”. Ia berkata,“Kalau begitu apakah setengahnya ?”Beliau menjawab : “Tergantung kehendakmu,namun apabila engkau menambahnya maka itu lebih baik bagimu”. Ia berkata : “Kalau begitu saya akan menjadikan semua waktu zikirku hanyalah untuk bersholawat untukmu”.Beliau bersabda,“Kalau begitu,maka kesedihan/kesusahanmu akan dihilangkan dan dosa-dosamu akan diampuni.”

Sholawat kebahagiaan ini menurut Syekh Ahmad As Shawi dalam buku Afdzal as Shalawat ‘Ala as Sayid Sadat karya karya Yusuf bin Ismail an Nabhani disebutkan jika membacanya maka sama nilainya membaca seribu sholawat. Dalam pernyataannya Syekh Ahmad As Shawi menambahkan bahwa penyebutan nama sholawat kebahagiaan karena barangsiapa membacanya akan memperoleh kebahagiaan di dua tempat yaitu dunia akhirat.

Sementara ustad Ahmad Zaini dalam majmuahnya mengatakan.” Diantara bentuk-bentuk sholawat yang utama dan sempurna adalah sholawat yang disebutkan sebagian ahli makrifat (yaitu sholawat kebahagiaan ini-red) pahalanya setara dengan enam ratus raib sholawat. Dan orang yang membacanya secara rutin pada hari Jumat sebanyak seribu kali, maka ia akan termasuk Siantar orang-orang  yang bahagia di dalam dua kehidupannya, yaitu kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Lalu sholawat ini diberi nama sholawat kebahagiaan. “ Ya Allah rahmatullah junjunganku Nabi Muhammad sebanyak hitungan yang ada dalam ilmu Allah, dengan rahmat yang abadi seabadi kerajaan Allah.”

Adapun bacaan sholawat kebahagiaan atau As Sa’adah ini adalah sebagai berikut :

اَ لَّلهُمَّ صَلِّي عَلَي مُحَمَّدٍ سَيِّدِ نَا عَدَ دَ مَا فِي عِلّمِ اللّهِ

صَلاَ ةً دَائِمَةً بِدَ وَامِ مُلّكِ اللّهِ

Allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin, ‘adada maa fii ‘ilmillaahi, shalaatan daa imatan bidawaami mulkillaahi.

“Ya Allah, bersholawatlah kepada sayyidina Muhammad sebanyak bilangan yang ada dalam pengetahuan Allah, dengan shalawat yang abadi seabadi kerajaan Allah.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw