Bacaan Sholawat dari Syekh Makruf al Kharki

sholawat

Makruf al Kharki dikenal sebagai seorang sufi masyhur. Saking salehnya, beliau dijuluki orang penghuni langit. Banyak sekali kisah dari ulama ini dalam menempuh perjalanan kesufiannya. Salah satunya adalah bacaan sholawat dari Syekh Makrif al Kharki ini.   


Beliau bernama lengkap Makruf bin Faizan Abu Mahfudz al-Ibid bin Firus Al-Karkhi. Beliau bersasal dari Kharki Persia. Nama itu yang kemudian dinisbatkan dibelakang namanya. Syekh Makruf hidup pada zaman Khalifah Harun al-Rasyid, Dinasti Abbasiyah, Tentang tanggal kelahirannya para ahli sejarah tidak ada yang tahu kepastiannya. .

Beliau menempuh pendidikan keagamaan di Baghdad dan di kota lainnya. Diantara gurunya adalah Daud at-Tha’i, Bakar bin Humais dan Farqad as-Sabukhi. Selain itu

Menurut pada peneliti tasawuf beliau adalah tokoh yang mengembangkan konsep ajaran cinta dalam tasawuf.  Syekh makruf berpendapat cinta kepada Tuhan harus dilanjutkan sampai ke titik thuma’ninah (ketenangan) jiwa. Karena cinta dan ketenangan itulah yang menjadi tujuan tasawuf. Beliau mengatakan bahwa kebahagiaan yang sebenarnya dan yang kekal, bukan harta benda tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kekayaan hati. Kekayaan hati hanya dapat dicapai melalui ma’rifah (pengenalan) akan yang dicinta.

Berikut adalah bacaan sholawat dari Syekh Makruf al Kharki ;


“Ya Allah, bershalawatlah untuk Muhammad dan untuk keluarga Muhammad sepenuh benda yang ada di dunia dan sepenuh benda yang ada di akhirat. kasihilah Muhammad dan keluarga Muhammad sepenuh benda yang ada didunia dan benda yang ada di akhirat. Dan selamatkanlah Muhammad dan keluarga Muhammad sepenuh benda yang ada didunia dan sepenuh benda yang ada di akhirat

Dalam bukunya Berselawat untuk Mendapat Keberlakahan Hidup, Asy-Syeikh Yusuf Isma’il An-Nabhani mengatakan ,” Telah disebutkan di dalam komentar (penjelasan) Ad-Dalail, bahwa sholawat ini adalah solawat Abu Hasan Al-Karkhi murid Ma’ruf Al-Karkhi. Beliau juga mengutipnya dari beberapa ulama. Wallahu A’lam Bishowab.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain