Solawat Bahagia Dunia Akherat

solawat

Membaca solawat mempunyai banyak fadilah atau keutamaan. Salah satunya adalah akan mendapatkan bahagia dunia akherat. Memang bermacam-macam bacaan solawat yang ada hingga sekarang. Salah satunya adalah solawat milik Syekh Muhammad Al-Badiri.

Dalam buku Bershalawat untuk Mendapat Keberkahan Hidup karya Yusuf bin Ismail an Nabhani disebutkan bahwa solawat ini ada dalam kitab kumpulan solawat yang dinisbahkan kepada al-Ustadz al-‘Allaamah al-‘Aarif billahi ta’ala asy-Syaikh Muhammad Al-Badiri Ad-Dimyathi yang populer dengan panggilan Ibnu Mayyit. Beliau berkata, “Aku berharap kepada Allah untuk memberikan kebahagiaan di dua rumah (kehidupan dunia dan akhirat) dan mengangkat derajat orang yang bersedia mengamalkannya secara istikamah walaupun hanya sebanyak 7 kali setiap hari.

Adapun bacaan solawat nya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ الْخَاتِمِ الرَّسُولِ الْكَامِلِ الرَّحْمَةِ الشَّامِلِ وَعَلَى آلِهِ وأَصْحَابِهِ وَأَحْبَابِهِ عَدَدَ مَعْلُومَاتِ الله بِدَوَامِ الله صَلاَةً تَكُونُ لَكَ يَا رَبَّنَا رِضَاءً وَلِحَقِّهِ أَدَاءً وَأَسْأَلُكَ بِهِ مِنَ الرَّفِيقِ أَحْسَنَهُ وَمِنَ الطَّرِيقِ أَسْهَلَهُ وَمِنَ الْعِلْمِ أَنْفَعَهُ وَمِنَ الْعَمَلِ أَصْلَحَهُ وَمِنَ الْمَكَانِ أَفْسَحَهُ وَمِنَ الْعَيْشِ أَرْغَدَهُ وَمِنَ الرِّزْقِ أَطْيَبَهُ وَأَوْسَعَهُ

Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa Muhammadin al-Fatih al-Khatim ar-Rasuul al-Kaamil ar-Rahmah asy-Syaamil wa ‘alaa aalihi wa ash-haabihi wa ahbaabihi ‘adada ma’luumaatillahi bidawaamillahi shalaatan takuunu laka yaa rabbanaa ridhaa-an wa lihaqqihi adaa-an wa asaluka bihi minarrafiiqi ahsanahu wa minath-thariiqi ashalahu wa minal ‘ilmi anfa’ahu wa minal ‘amali ashlahahu wa minal makaani afsahahu wa minal ‘aisyi arghadahu wa minarrizqi athyabahu wa ausa’ahu.

Artinya:

“Ya Allah, bersholawatlah dan bersalamlah kepada penghulu kami Sayyidina Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, sang pembuka, sang penutup, sang rasul yang sempurna, sang rahmat yang menyeluruh. Juga atas keluarga beserta para sahabatnya dan para kekasihnya, sebanyak hitungan yang ada dalam pengetahuan Allah bersama keabadian Allah, dengan sholawat yang membuat Engkau, Ya Tuhan kami, rela dan menunaikan haq-nya. Dan dengan namanya, aku memohon kepada Mu agar mendapat teman terbaik, jalan termudah, ilmu yang paling bermanfaat, amal terbaik, tempat terluas, kehidupan paling enak, dan rizki terbaik dan luas.”

itulah solawat yang bisa membuat bahagia dunia akherat . Mari selalu bersolawat kepada kanjeng nabi Muhammad saw. Walllahu A’lam Bishowab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain