Dzikir Pendek Mencegah Marabahaya

doa

Ada sebuah dzikir pendek agar kita terhindar dari marabahaya. Dzikir pendek ini diajarkan oleh Rasulullah saw dalam sebuah hadisnya. Tidak hanya itu dzikir pendek ini juga bernilai sunah bagi yang membacanya.

Dzikir tersebut adalah dzikir dengan kalimat sebagai berikut :

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillaahil ladzi laa yadhurru ma’asmihi syai–un fil ardhi wa laa fis samaa–i wa huwas saami’ul ‘aliim.

Artinya

Dengan nama Allah, tidak ada yang mampu membahayakan sesuatu di bumi dan langit. Dia adalah Dzat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

Doa ini berdasarkan hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Sayidina Utsman bin Affan, dia berkata;

مَنْ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ لَمْ يُضُرَّهُ شَيْءٌ.

Barangsiapa yang mengucapkan “Bismillaahil ladzi laa yadhurru ma’asmihi syai–un fil ardhi wa laa fis samaa–i wa huwas saamii’ul ‘aliim” (Dengan Nama Allah tidak ada yang mampu membahayakan sesuatu di bumi dan langit. Dia adalah Dzat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui) tiga kali maka tidak akan ada yang mampu membahayakannya.

Adapun makna dibalik dzikir pendek ini adalah meminta perlindungan dengan nama Allah. Dari perlindungan itu maka tidak akan mendapatkan musibah yang membahayakan yang datang dari bumi dan langit. Dan Allah adalah mendengar apa yang kita minta.

Ada beberapa manfaat kalau membaca doa ini.

Pertama adalah mendapat pahala sunah. Karena doa ini sering dilakukan Rasulullah saw.

Kedua adalah terhindar dari marabahaya seperti wabah penyakit dan lain sebagainya.  Salah satu ahli tafsir, Imam al-Qurtubi memberi testimoni tentang dzikir ini. Beliau berkata, “Saat aku mendengar hadits ini, aku amalkan dan tidak ada suatu perkara pun yang membahayakanku hingga suatu ketika aku meninggalkannya (lupa membacanya). Kemudian aku disengat kalajengking di Madinah saat malam. Aku mulai berfikir, aku lupa memohon perlindungan (kepada Allah) dengan membaca kalimat dzikir (bismillahilladzi layadurru) tersebut”.

Ketiga, selalu ingat kepada Allah. Maka hal ini menjadikan untuk hidup lebih baik dan selalu berbuat kebaikan.

1 thought on “Dzikir Pendek Mencegah Marabahaya”

  1. Pingback: Dzikir menurut Ibnu Athaillah As Sakandari » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain