Wirid Basmalah Berikut Keistimewaannya

Ada banyak rahasia dan keistimewaan basmalah yang disampaikan baik itu oleh Rasulullah saw, sahabat dan orang-orang soleh.

Basmalah merupakan ayat pertama surah al-Fatihah yang terdiri dari 19 huruf dan diawali huruf “ba”. Disebutkan bahwa dalam Alquran surah an-Naml ayat 30 yang menerangkan kisah tentang Nabi Sulaiman AS yang berkirim surat kepada Ratu Balqis.

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِۙ

 Terjemahan ayat itu, “Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: ‘Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.'”

Rasulullah SAW menerangkan terkait ayat diatas.  Sebagaimana sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari Buraidah.  Nabi saw bersabda, “Telah diturunkan kepadaku satu ayat yang tidak pernah diturunkan kepada seorang nabi pun selain Nabi Sulaiman dan aku, yaitu Bismillahir rahmanir rahiim.”

Aktivitas yang baik hendaknya dimulai dengan membaca basmalah atau bismillah ketika berkhotbah, mengawali wudhu, hendak berhubungan suami dan istri, hendak mengawali makan , berdiri, duduk, shalat, berkendaraan, minum, tidur, menyembelih hewan.

Adapun bacaan basmalah adalah sebagai berikut:

بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِۙ

Bismillahhirrahmanirrahim

Artinya :

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,

Banyak keistimewaan dan rahasia basmalah yang dibahas oleh para ulama. Salah satunya yang dihimpun oleh Prof.Dr. Sayyid Muhammad bin Alwi al Maliki al Hasani dalam kitabnya Aswabul Faraj. Diantara rahasia Basmalah dan keistimewaannya adalah sebagai berikut :

Pertama, apabila membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur akan menjaga diri dari kematian mendadak dan dijaga dari bencana dan kerusakan. Tidak hanya itu akan aman dari kejahatan setan, pencurian dan kebakaran.

Kedua, apabila dibacakan 100 kali pada dapat menyembuhkan orang yang kesakitan atau terkena sihir

Ketiga, membacanya 313 kali seraya bersholawat kepada Rasulullah saw sebanyak 100 kali, maka akan ditambah rezekinya.

Keempat, membacanya 2.500 kali akan dibuka dan memahami ilmu pengetahuan.

Kelima, membaca 12.000 kali seraya sholat hajat 2 rokaat setiap akhir bacaan keseribu, kemudian memohon kepada Allah dan dilanjutkan hingga jumlah bacaannya hingga 12 ribu maka keperluannya akan terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain