Solawat yang Banyak Dikutip Ahli Makrifat

muhammad saw

Solawat al Aliy al al Qadr adalah salah satu solawat yang banyak dikutip oleh para ahli makrifat. Salah satu faedahnya adalah orang yang membacanya rutin tiap malam Jumat, maka Nabilah yang akan menguburkannya.

Hal tersebut dikatakan oleh Imam as Shawi dalam Syarh Shalawat ad-Dardir dan dikutip juga oleh Imam Muhammad al Amin yang mengutip Imam as Suyuti. Disebutkan oleh Syeikh Ahmad Dahlan dalam kitab kumpulan solawat nya. Beliau mengatakan,” Ini adalah salah satu bentuk solawat utama yang dikutip banyak ahli makrifat. Dan bahwa orang yang selalu rutin membacanya pada setiap malam jumat meski hanya sekali, maka sosok ruh Nabi Muhammad saw. akan diperlihatkan pada ruh nya ketika ia sedang menghadapi kematian dan ketika masuk kubur, sehingga ia melihat Nabi sebagai orang yang menguburkannya.

Disebutkan oleh sebagian ahli makrifat, bahwa bagi siapa yang membacanya sepuluh kali kali setiap malam dan seratus kali setiap malam Jumat maka akan mendapatkan kebaikan dan keutamaan yang melimpah. Di dalam kitab Fath ar-Rasuul juga dinyatakan bahwa barang siapa yang membacanya sepuluh kali setelah Isya akan diberi ganjaran seolah-olah ia telah membacanya sepanjang malam.

Adapun bacaan solawat al Aliy al Qadr adalah sebagai berikut :

 اَللهم صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِيِّ الْحَبِيْبِ الْعَالِيِّ الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik `alā Sayyidinā Muhammadin an-Nabiyyi ‘l-Umiyy, al-Habīb al-`Āliyya ‘l-Qadri ‘l-`Azhīmi ’l- jāhi, wa `alā ālihi wa shahbihi wa sallim.

“Disebutkan oleh sebagian ahli makrifat, bahwa bagi siapa yang membacanya sepuluh kali kali setiap malam dan seratus kali setiap malam Jumat maka akan mendapatkan kebaikan dan keutamaan yang melimpah.”

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad (saw), Nabi yang ummi, sang kekasih yang begitu berharga, yang agung pribadinya, juga keluarga dan para sahabatnya.”

Membaca solawat Nabi sangat bermanfaat dan berfaedah bagi yang membacanya. Syekh Ahmad Dahlan mengatakan bahwa solawat adalah amal yang sangat berpengaruh untuk mencerahkan hati dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Wallahu A’lam Bishowab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain