Doa-Doa Terkait Adab ke Masjid

masuk masjid

Masjid adalah rumah Allah yang menjadi tempat kita untuk melaksanakan ibadah. Ada beberapa doa terkait dengan aktivitas sebelum berangkat ke masjid, akan masuk masjid dan sesudah keluar dari masjid.

Rasulullah saw mengajari kita beberapa doa terkait dengan aktivitas tersebut. Sebelum berangkat ke masjid disunahkan untuk membaca doa sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah saw seperti yang ada dalam hadis riwayat Imam Muslim. Adapun doanya adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ اجْعَلْ في قَلْبِي نُوراً وفي لِسانِي نُوراً وَاجْعَلْ في سَمْعِي نُوراً وَاجْعَلْ في بَصَري نُوراً وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِي نُوراً وَمِنْ أمامي نُوراً وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقي نُوراً وَمِنْ تَحْتِي نُوراً اللَّهُمَّ أعْطِني نُوراً

Allahummaj’al fii qalbii nuuran wa fii lisaanii nuuran waj’al fii sam’ii nuuran waj’al fii basharii nuuran waj’al min khalfii nuuran wa min amaamii nuuran waj’al min fauqii nuuran wa min tahtii nuuran, allahumma a’thinii nuuran

Artinya: Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, di lisanku cahaya, di pendengaranku cahaya, di pandanganku cahaya, di belakangku cahaya, di depanku cahaya, di atasku cahaya, dan di bawahku cahaya. Ya Allah, berilah aku cahaya. (Diriwayatkan oleh Imam Muslim)

Setelah kita sampai di masjid, ada juga dia memasuki masjid sebagaimana diajarkan Rasulullah sa dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh  Imam Muslim, Abu Daud, an-Nasa’I dan Ibnu Majah. Saat hendak memasuki masjid disunahkan untuk melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu serta membaca doa masuk masjid sebagai berikut.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahumaftah lii abwaaba rahmatik(a)

Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu

Tatkala mau keluar masjid, Rasulullah saw juga memberikan contoh dengan melangkahkan kaki keluar masjid sebagai salah satu cara memuliakan masjid. Saat keluar masjid disunahkan untuk berdoa seraya memohon keberkahan hingga sampai rumah. Adapun doa keluar dari masjid adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إني أسألُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahumma inni as-aluka min fadhlik(a)

Artinya; Ya Allah, aku memohon kepada-Mu akan keutamaan-Mu

(Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Daud, an-Nasa’i, Ibnu Majah)

Itulah beberapa doa yang diajarkan Rasulullah saw terkait dengan adab ketika hendak ke masjid, masuk masjid hingga keluar masjid. Wallahu A’lam bi Showab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain