Doa Ketika Hendak Bersedekah

sedekah

Bersedekah adalah perbuatan mulia dan sangat dianjurkan dalam Islam. Banyak manfaat yang dirasakan saat kita melakukan sedekah. Seperti amal baik lainnya, tentu bersedekah harus dilandasi dengan niat baik dan doa agar kebaikan mendapatkan rido dan pahala dari Allah SWT.


Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Ada beberapa ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah ini. Salah satunya adalah surat Al-Baqarah ayat 271 yang artinya, “Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

“Banyak keutamaan bersedekah ini. Diantaranya adalah pelindung dari musibah dan keburukan, menolak balak, mencegah seseorang masuk neraka, bisa memadamkan murka Allah SWT, mampu melunakkan hati yang keras dan lain sebagainya.”

Bersedekah mempunyai makna yang luas. Bersedekah tidak hanya harta benda. Hal ini sebagai mana sabda rasulullah dari Abu Musa dari Nabi SAW, beliau bersabda,” Wajib bagi setiap Muslim untuk bersedekah.” Para sahabat bertanya: ‘Wahai Nabi Allah, bagaimana jika ia tidak mendapatkan untuk bersedekah? Beliau menjawab: ‘Berusaha dengan tangannya, sehingga bermanfaat untuk dirinya dan bersedekah. ‘Mereka bertanya: Bagaimana jika ia tidak bisa melakukannya?’ Beliau bersabda: ‘Menolong orang yang sangat memerlukan bantuan. Mereka bertanya, “Bagaimana jika ia tidak bisa melakukannya?” Beliau bersabda,” Menyuruh untuk melakukan kebaikan dan menahan diri dari kejahatan, maka hal itu adalah sedekah baginya. (HR Al Bukhari, Muslim dan Ahmad).

Banyak keutamaan bersedekah ini. Diantaranya adalah pelindung dari musibah dan keburukan, menolak balak, mencegah seseorang masuk neraka, bisa memadamkan murka Allah SWT, mampu melunakkan hati yang keras dan lain sebagainya.

Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu‘in menganjurkan agar sedekah setiap saat, walaupun sedikit. “Orang yang ingin berbuat baik seharusnya tidak melewatkan kesempatan bersedekah setiap hari semampunya, meskipun sedikit. Bersedekah dengan diam-diam lebih baik daripada memperlihatkannya,” katanya.

Sedangkan ketika bersedekah kepada orang lain sebagai berikut yang dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar yang mengatakan bahwa disunahkan bagi orang yang memberikan zakat, sedekah, nazar, kafarah dan lainnya untuk membaca :

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Robbanaa taqobbal minnaa innaka antas samii’ul aliim.

Artinya
“Wahai Tuhan kami, terimalah dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Itulah doa sebelum kita melakukan sedekah, terutama sedekah jariyah. Wallahu A’lam Bishowab

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain