Solawat Al Fatih yang Mendatangkan Keajaiban Hidup

muhammad

Pada bulan Maulid ini sebaiknya lebih memperbanyak membaca solawat. Banyak fadilah atau keutamaan ketika membaca solawat ini. Diantara bacaan solawat yang ada, membaca Solawat al Fatih mempunyai banyak keutamaan. Selain mendatangkan keajaiban dalam hidup, solawat ini juga mampu mempercepat doa kita agar diijabahi oleh Allah SWT.

Solawat Fatih mengandung makna “pembuka pintu (‘arsy).” Sebagaimana namanya, Solawat Fatih merupakan lafal solawat sebagai wasilah kepada Allah SWT agar segala persoalan yang sedang dihadapi segera selesai.

Adapun bunyi solawat al Fatih sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ

عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ  

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca ‘shiratikal mustaqīm’). Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim. 

 Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah solawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan solawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

Solawat ini dinisbahkan kepada Sayyid Muhammad al-Bakri.  Beliau merupakan salah seorang keturunan dari Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq, salah satu sahabat terdekat Nabi Muhammad saw. Disebutkan bahwa solawat Fatih ini ditalqin langsung oleh Nabi Muhammad SAW kepada Sayyid Muhammad al-Bakri. Bahkan saat menalkin, Syekh Muhammad al-Bakri dalam keadaan terjaga.

Adapun fadilah atau keutamaan Solawat Fatih ini telah banyak diriwayatkan oleh para ulama. Selain mendatangkan keajaiban dalam hidup, membaca Solawat Fatih juga dapat memudahkan setiap urusan, menyelesaikan permasalahan hidup, diberikan kelancaran rezeki, dan ridha Allah SWT.

Disebutkan dalam kitab Khulashoh al-wafiyah dan Bughyah al-Mustafid , “Apabila ada wali al-‘arif billah berumur satu juta tahun yang tidak membaca shalawat fatih, maka orang awam membaca Solawat Fatih 10 kali lebih baik pahalanya dari para wali tersebut.”

Sedangkan Syekh Ahmad at Tijany berkata, “ Keistimewaan shalawat al-Fatih sangat sulit diterima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah SWT yang tersembunyi. Seandainya ada 100.000 bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari 100.000 kaum, dan setiap kaum berdiri dari 100.000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah SWT sampai 100.000 tahun, dan setiap orang bersolawat kepada nabi setiap hari 100.000 kali, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca solawat al-Fatih 1 kali.”

Selain mendatangkan keajaiban dalam hidup, membaca Solawat Fatih juga dapat memudahkan setiap urusan, menyelesaikan permasalahan hidup, diberikan kelancaran rezeki, dan ridha Allah SWT.

Menurut pimpinan Pondok Pesantren Al-Ishlah Jatireja, Compreng, Subang, KH Ushfuri Anshor, Solawat Fatih bagaikan kendaraan yang sangat cepat, larinya cepat, jalannya cepat, doanya cepat diijabah oleh Allah SWT.

Wallahu A’lam Bishowab ( Dari berbagai sumber)

1 thought on “Solawat Al Fatih yang Mendatangkan Keajaiban Hidup”

  1. Pingback: Membaca Solawat Sayidina Ali, Digandeng Rasulullah saw. Masuk Surga » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain