Doa-Doa Nabi Muhammad saw

doa

Doa-doa Nabi Muhammad saw yang penting untuk diamalkan.

PITUTUR ID. Doa adalah pangkalnya ibadah. Demikian sabda Rasulullah saw dalam buah hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi dari Anas bin Malik.


Menurut Imam Nawawi al Bantani maksud hadis tersebut mengandung dua unsur. Pertama, doa adalah wujud dari perintah Allah pada hamba Nya untuk meminta kepada Nya. Kedua, meminta dan berharap gala hajat hanyalah kepada Allah Ta’ala.

Rasulullah saw memberikan contoh beragam doa. Berikut adalah beber doa yang selalu dibaca oleh beliau.


رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَٰتِ ٱلشَّيَٰطِينِ وَاَعُوْذُ بِكَ رَبِّ اَنْ يَّحْضُرُوْنِ

“Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan,dan aku berlindung (pula) kepada Engkau Tuhanku, dari kehadiran mereka.”

“Doa adalah pangkalnya ibadah.”


Doa ini diambil dari Surat Al Mukminun ayat 97-98. Menurut keterangan ahli tafsir ini adalah salah satu doa yang diperintahkan Nabi saw. Beliau sering membacanya sebelum bertakbir ketika akan memulai solat.


اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى خَطِيئَتِى وَجَهْلِى وَإِسْرَافِى فِى أَمْرِى وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى جِدِّى وَهَزْلِى وَخَطَئِى وَعَمْدِى وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِى

Artinya : “Wahai Tuhanku ampunilah saku yang aku kerjakan dengan sungguh sungguh dan kesalahan yang aku kerjakan dengan tidak sungguh-sungguh, dosa-dosaku yang aku kerjakan dengan kesiapan dan yang aku sengajakan. Semuanya itu ada padaku.”


Nabi saw sering membaca doa ini sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim sebagaimana tercantum dalam kitab al Adzkar.

Selain itu ada buah doa yang diajarkan Rasulullahsaw kepada Aisyah ra sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah. Berikut doanya :

اللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا، وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ. ،وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً، وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ


“Ya Allah tunjukkanlah kepada kami yang benar itu benar dan bantulah kepada kami untuk mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami yang batil itu batil dan bantulah kepada kami untuk menjauhinya.”


Berikut ini doa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Sayidina Ali RA.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Artinya, “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang. Tiada upaya dan daya kecuali dengan bantuan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”


Doa-doa yang diajarkan Rasulullah saw tersebut tercantum dalam kitab Al Adzkar karya Imam Nawawi. Wallahu A’lam Bishowab.

1 thought on “Doa-Doa Nabi Muhammad saw”

  1. Pingback: Doa agar Anak menjadi Soleh dan Solehah » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain