Membaca Solawat Sayidina Ali, Digandeng Rasulullah saw. Masuk Surga

sayidina ali

PITUTUR ID. Nabi Muhammad saw. mengajarkan untuk selalu membaca solawat kepadanya. Ragam solawat juga diberikan oleh para sahabat hingga ulama untuk kita amalkan. Salah satunya adalah solawat yang diajarkan oleh sahabat Nabi saw yaitu solawat Sayidina Ali bin Abi Thalib ra.


Seperti diketahui sahabat Ali bin Abi Thalib ra. adalah sahabat terdekat Rasulullah saw. Beliau adalah menantunya sendiri yaitu sumai dari Sayidatina Fatimah az Zahra. Selain itu Sayidina Ali juga dikenal sebagai salah satu sahabat yang memiliki keluasan ilmu.
Rasulullah saw. sendiri pernah bersabda,” Aku adalah pintunya ilmu, dan Ali adalah kuncinya.” Itulah kedudukan keilmuan Sayidina Ali bin Abu Thalib.

Solawat Sayidina Ali bin Abi Thalib ra. ini disebut mempunyai beberapa manfaat bagi yang membacanya. Selain meningkatkan mahabbah atau kecintaan kita kepada Rasulullah saw, bagi pembacanya akan digandeng Rasulullah saw. ketika masuk surga.

Adapun bacaan solawat Sayidina Ali bin Abi Thalib adalah sebagai berikut :

صَلَوَاتُ اللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَاَنْبِيَائِهِ وَرُسُلِهِ وَجَمِيْعِ خَلْقِهِ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاَلِ مُحَمّدِ وَعَلَيْهِ وَعَلَيْهِمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sholawaatullaahi wa malaa-ikatihi wa anbiyaa-ihi wa rusulihii wa jamii-‘i kholqihii ‘alaa muhammadin wa ‘alaihi wa ‘alaihimus salaamu wa rohmatullaahi wa barokaatuhu.

Artinya:
Rahmat Allah, para malaikat-Nya, para Nabi-Nya, para Rasul-Nya, dan semua makhluk-Nya tercurah kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Atas Nabi Muhammad dan keluarganya keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya.

“Disebutkan dalam kitab tersebut barangsiapa yang membaca solawat kepada Nabi Muhammad saw. setiap hari 3 kali dan setiap Jum’at 100 kali maka akan dikumpulkan pada hari kiamat bersama rombongan Rasulullah saw sambil digandeng tangannya untuk diajak sampai masuk surga”

Seperti dituliskan dalam Kitab Tanbih as Saalikiin ilaa Ghurur al Mutasayyikhiin karya Syekh Hasan bin Muhammad Khilmi Al Qahyi An Naqsyabandy As Syadzily Al Qadiry yang menjelaskan tentang keutamaan membawa solawat Sayidina Ali ini.

Disebutkan dalam kitab tersebut barangsiapa yang membaca solawat kepada Nabi Muhammad saw. setiap hari 3 kali dan setiap Jum’at 100 kali maka akan dikumpulkan pada hari kiamat bersama rombongan Rasulullah saw sambil digandeng tangannya untuk diajak sampai masuk surga.

Itulah fadilah atau keutamaan membaca solawat Sayidina Ali bin Abi Thalib ini. Wallahu A’lam Bishowab.***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain