Selawat Mansub : Solawat Segala Hajat

Solawat Mansub adalah ijazah dari habib Soleh bin Muhsin al-Hamid atau dikenal dengan nama habib Soleh Tanggul. Solawat ini populer di kalangan warga Jember, Jawa Timur dan sekitarnya. Tentang asal mula solawat ini, ada beberapa versi. Pertama, saat habib Soleh berziarah di makam Rasulullah saw. di  Madinah. Ketika Syekh Sholeh melakukan khalwat di makam Rasulullah, ia mendapat bisikan suara sayup-sayup lafal solawat yang sekarang disebut dengan solawat mansub. Konon, suara tersebut muncul dari Nabi Muhammad SAW.

Kedua salawat mansub muncul karena diberikan dari Nabi Khidir ketika habib Soleh melakukan perjalanan spiritual. Pada saat itu, Nabi Khidir menjelma menjadi pengemis. Disebutkan bahwa Habib Soleh saat itu berada di stasiun untuk melakukan perjalanan, tiba-tiba ia di hampiri seorang pengemis, yang meminta uang kepada habib Soleh namun dirinya tidak mempunyai uang. Tetapi pengemis itu tetap memaksa sehingga habib Soleh sadar bahwa pengemis adalah Nabi Khidir.

Ketiga, kala Habib Soleh berkhalwat selama tiga tahun. Selama itu pula, Syekh Soleh tidak makan, minum, tidur dan sama sekali tidak menemui siapapun. Disaat itu pula kemudian solawat mansub hadir di tengah khalwatnya. Lantuman solawat mansub terdengar sayup-sayup di telinga habib Soleh, kemudian dihapalkan. Berangkat dari peristiwa itulah solawat tersebut dinamai Habib Soleh dengan sebutan Solawat Mansub.

Berikut Solawat Mansub ijazah habib Soleh bin Muhsin al-Hamid

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تَغْفِرُ بِهَا الذُّنُوْبَ , وَتُصْلِحُ بِهَا الْقُلُوْبَ , وَتَنْطَلِقُ بِهَا الْعُصُوْبُ  وَتَلِيْنُ بِهَا الصُّعُوْبُ , وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ إِلَيْهِ مَنْسُوْبٌ

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad yang dengannya Engkau ampuni kami, Engkau perbaiki hati kami, menjadi lancar urat-urat kami, menjadi mudah segala kesulitan, juga kepada keluarganya dan para sahabatnya.

Solawat ini dibaca setiap solat fardhu sebanyak 11 atau 421 kali dengan niat dikabulkan hajatnya. Adapun tata caranya adalah diawali bertawasul kepada Rasulullah saw,  Habib Abu Bakar Assegaf yaitu guru  habib Soleh di Gresik, dan kepada habib Soleh bin Muhsin. Solawat ini bisa dipaktekkan secara berjamaah maupun sendirian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

doa

Doa-Doa Nabi Muhammad saw

Doa-doa Nabi Muhammad saw yang penting untuk diamalkan. PITUTUR ID. Doa adalah pangkalnya ibadah. Demikian sabda Rasulullah saw dalam buah hadis sahih yang diriwayatkan oleh