Doa Nabi Musa untuk Tiga Permohonan

Banyak doa yang diucapkan oleh para Nabi maupun Rasul. Salah satunya ada adala Al-Qur’an salam surat Toha. Doa ini diucapkan oleh diceritakan Nabi Musa ‘Alaihissalam saat berhadapan dengan Nabi Musa. Adapun doanya memanjatkan terekam dalam ayat 25-28 :

 رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

Rabbisyrahli shodri wayassyirli amri wahlul uqdatam mil-lisani yafqahu qauli.

Artinya: “Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS Toha[ 20]: 25-28)

Disebutkan bahwa doa ini mengandung tiga unsur permintaan yaitu memohon diangkat rasa susahnya, memohon dilenyapkan kesusahan

Doa ini setidaknya mengandung tiga permintaan. Pertama, memohon dibebaskan dari rasa susah, dilenyapkan kesulitannya dan dilancarkan dalam bertutur kata sehingga mudah dipahami oleh para pendengarnya. Doa ini sering dibaca kaum muslimin saat menghadapi hal-hal penting seperti ujian akhir bagi pelajar dan lain sebagainya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

qiraah

Ilmu Qiraah dan Asal Usulnya

Ilmu Qiraah atau ilmu yang membahas tentang cara pengucapan tiap kata dari al Quran ternyata mempunyai berbagai jalur penuturan. Meskipun berbeda-beda namun tetap mengacu pada