Doa dan Wirid Setelah Solat Jumat dari Imam Ghazali

Hari umat menjadi adalah hari penuh berkah. Beberapa ulama menyatakan bahwa jumat adalah hari spesial yang mempunyai banyak keutamaan. Tidak sedikit yang menganjurkan untuk memperbanyak ibadahj di hari Jumat. Salah satunya adalah Imam Ghazali.

Ulama besar ini menganjurkan wirid dan doa. Dalam kitab Bidayatul Hidayah, Imam Ghazali mengatakan bahwa jamaah dianjurkan tidak langsung pergi setelah selesai solat Jumat, melainkan membaca wirid sebelum lisan mengucapkan sepatah kata apapun. Hal itu tidak berlaku ketika ada urusan yang mendesak. Adapun wirid yang dibaca adalah sebagai berikut :

1. Surat al-Fatihah sebanyak tujuh kali

2. Surat al-Ikhlas sebanyak tujuh kali

3. Surat al-Falaq sebanyak tujuh kali

 4. Surat an-Nas sebanyak sebanyak tujuh kali

Menurut Imam Ghazali bacaan diatas bisa  menjadi benteng dan memelihara seseorang dari gangguan setan. Tidak hanya itu saja, selanjutnya bisa membaca doa berikut ini :

 اَللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma ya ghaniyyu ya hamid, y mubdi’u wa yu‘id, ya rahimu ya wadud. Aghnini bi halalika ‘an haramik, wa tha‘atika ‘an ma‘shiyatik, wa bi fadhlika ‘an man siwaka.

Artinya: “Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hari ku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

qiraah

Ilmu Qiraah dan Asal Usulnya

Ilmu Qiraah atau ilmu yang membahas tentang cara pengucapan tiap kata dari al Quran ternyata mempunyai berbagai jalur penuturan. Meskipun berbeda-beda namun tetap mengacu pada