Munajat Syekh Ramadhan al-Buthi

Syeikh Ramadhan Al Buthi adalah ulama masyhur dari Syiria. Banyak sekali teladan yang bisa diambil dari seorang pemikir Islam moderat sekaligus penulis yang sangat produktif ini. Beberapa karyanya telah diterjemahkan berbagai negara termasuk Indonesia. Diantara karyanya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia antara lain al-Hub fil Qur’an (Al-Qur’an Kitab Cinta), La ya’thil Bathil (Takkan Datang Kebathilan terhadap Al-Qur’an),  Fiqh al-Sirah al-Nabawiyah (Sirah Nabawiyah: Analisis Ilmiah Manhajiah Sejarah Pergerakan Islam di Masa Rasul Saw)

Ulama yang sangat berpengaruh di Timur tengah ini juga dikenal sebagai rujukan kalangan Ahli Sunnah wal Jamaah. Bahkan tidak sedikit yang menyebut Syikh Ramadhan sebagai Imam Ghazali masa kini.  

Dalam ceramahnya Syekh Sa’id Ramadhan al-Buthi sering kali memberikan tausyiah terkait dengan Allah SWT. Menurutnya ampunan Allah SWT itu sehingga menyarankan bagi seseorang jika terjerembab dalam kemaksiatan segeralah menyesal dan memohon ampunan sembari berdoa seperti berikut ini  

 يَا رَبِّي أَنَا ضَعِيْفٌ، أَنَا لَا أَمْلِكُ مِنْ أَمْرِ نَفْسِي شَيْئاً، مَا عَصَيْتُكَ حِيْنَ عَصَيْتُكَ اسْتِكَبَاراً عَلَى أَمْرِكَ وَلَكِنْ لِسَابِقَةٍ سَبَقَ بِهَا قَضَاؤُكَ، هَا أَنَا ذَا بَيْنَ يَدَيْكَ، تُبْتُ إِلَيْكَ لَكِنْ أَعِنِّي يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، أُبْتُ إليك لَكِنْ خُذْنِي إِلَيْكَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، خُذْنِي مِنْ نَفْسِي يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ، إِنَّ نَفْسِي الأَمَّارَةَ تَغَلَّبَتْ عَلَيَّ، أَجَلْ وَفِّقْنِيَ اللَّهُمَّ لِلتَّغَلُّبِ عَلَيْهَا. 

 “Wahai Tuhanku, aku lemah, aku tidak dapat menguasai diriku sama sekali. Tidaklah aku mendurhakai-Mu karena kesombonganku kepada-Mu, melainkan karena peristiwa yang Engkau tetapkan atasku. Inilah aku di hadapan-Mu, aku bertobat kepada-Mu, akan tetapi tolonglah diriku wahai Tuhan semesta alam, aku bertobat kepada-Mu, tuntunlah aku menuju Engkau, wahai Tuhan semesta alam, tuntunlah diriku dari nafsuku wahai Tuhan semesta alam, sesungguhnya nafsuku dapat mengalahkanku. Ya Allah bantulah aku untuk mengatasinya” ( sumber nu.or.id)

1 thought on “Munajat Syekh Ramadhan al-Buthi”

  1. Pingback: Makna dan Peristiwa di Bulan Rajab » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain