Surat Al Quran yang Diucapkan Sebagai Doa Hendak tidur

Tidur menjadi salah satu rutinitas sehari-hari. Maka doa hendak tidur sangatlah penting. Tidur mempunyai fungsi untuk menjaga kesehatan. Dalam Islam perihal tidur ini dibahas dalam al Quran maupun hadis.

Selain itu juga literatur dari para ulama dalam berbagai kitabnya. Islam menganggap bahwa tidur merupakan salah satu tanda kebesaran Allah. Ada beberapa surat Al Qur’an yang bisa dibaca sebagai doa hendak tidur.

Dalam al Quran ada tidur dituliskan melalui beberapa kata bahasa Arab seperti sinah (QS 2:225), nu’ass (QS 8:11) dan (QS 3:154), ruqod (QS 18:18 dan QS 18:25), dan subaat (QS 78 :9).

Walapun berbeda melafazkannya namun memiliki makna tidur. Namun mempunyai makna yang berbeda-beda jika ditinjau dari segi kebahasaan.

Ada beberapa hal terkait dengan tidur ini. Ketika hendak tidur sebaiknya melafazkan beberapa surat dalam al Quran. Nabi sendiri moncontohkan dalam sabdanya.

Diriwayatkan oleh Al Bazzar bahwasanya Nabi saw bersabda,” Apabila engkau telah meletakkan lambung engkau di tempat tidur dan engkau membaca surat al Fatihah dan surat al Ikhlas, terpeliharalah engkau dari segala rupa bencana selain mati.

Kemudian menurut riwayat Imam Bukhori dan Muslim, Nabi saw. bersabda,” Membaca surat al Mu’awidzatain lalu meniup kepala dua buah tangannya.

Kemudian beliau menyapu dengan kedua tangannya itu bagian badan yang dapat disapu mulai dari kepala lalu kemukanya. Setelah itu baru yang lain.

Surat al mutawadzatain adalah Surah Mu’awidzatain adalah dua surah terakhir yang di dalam Alquran yaitu surat al-Falaq dan surat an-Naas. Kedua surat ini mempunyai kedudukan yang tinggi di antara surah-surah lainnya sebagai doa hendak tidur.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain