Ning Sheila dan Tulisan Bismillah 113 Kali

shela

Ada apa dengan tulisan bismillah 113 kali? Menurut Ning Sheila Hasina, putri KH Zamzami Mahrus, dari pesantren Lirboyo  ternyata ada manfaatnya. Ia mengatakan bahwa menulis Bismillah113 kali di awal bulan Muharam akan mendapatkan perlindungan Allah SWT.

Hal itu dibagikan dalam akun instagramnya @sheilahasina. Putri dari Pengasuh Pesantren Al-Baqarah Lirboyo, Kediri, Jawa Timur mengatakan bahwa jika mengamalkan maka mendapat perlindungan Allah SWT sehingga  terhindar dari segala macam musibah dan keburukan seumur hidup.  “Fadhilah itu tercatat dalam kitab Khazinatul Asrar Jalilatul Adzkar halaman 92 karya Imam Muhammad Haqqiy an-Naziliy,” ungkapnya seperti dilansir laman nu.or.id.

Ia menambahkan bahwa tata menuliskan bismillah 133 adalah dilakukan dalam keadaan rapi dan suci sembari menghadap kiblat dan dikerjakan dengan tenang alias tanpa bicara. Kemudian dengan niat membentengi diri dari musibah serta memperoleh manfaat dengan mengambil keberkahan lafadz basmalah dan bulan Muharram.

“Menulisnya (Bismillahirrahmanirrahim) itu hendaknya dilakukan dengan tulisan Arab tepat pada 1 Muharram,” beber Ning Sheila sambil mengutip pendapat Syekh Muhyiddin Zadah dalam kitab Hasyiyah Tafsir Al-Baidlawiy. Bahkan secara detail Ia menjelaskan bahwa Khalifah Umar bin Abdul Aziz ra, dalam menulis bismillah hendaknya memanjangkan huruf Ba’, memperjelas gerigi pada huruf Sin, dan membulatkan huruf Mim dalam lafadz basmalah sebagai bentuk pengormatan kepada Al-Qur’an.

“Waktu menulisnya boleh sejak adzan Maghrib ketika sudah muncul hilal (bulan muda) hari pertama pergantian tahun sampai waktu Maghrib besoknya,” ujar Ning Sheila menjelaskan waktu menulis bismillah 113 kali.

Kemudian, tambah dia, dilanjutkan dengan memanjatkan doa sebagai berikut:

اللهمّ انّى اسألك بفضل بسم الله الرحمن الرحيم وبحقّ بسم الله الرحمن الرحيم وبهيبة بسم الله الرحمن الرحيم وبمنزلة بسم الله الرحمن الرحيم ارفع قدري ويسّرلى امري واشرح صدري يامن هو كهيــعص حمعسـق المّ المّص المر حـم الله لااله الاهو الحيّ القيّوم بسرّ الهيبة والقدرة وبسرّ الجبروت والعظمة اجعلنى من عبادك المتّقين واهل طاعتك المحـبّين وارزقنى علمانافعا ياربّ العالمين وصلّى الله على سيّدنامحمّد وعلى آله وصحبه وسلّم  

 Doa tersebut diambil dari kitab Ittihaful Amajid Binafaisil Fawaid karya Abu Munyah As-Syakunjiy. sambungnya. Adapun terkait jumlah penulisannya diambil dari keterangan dari Imam Muhammad as-Syarbiniy al-Khathib dalam kitab Tafsir as-Sirajul Munir, yakni karena jumlah surat dalam Al-Qur’an ada 114 surat, dan surat-surat tersebut semuanya diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim, kecuali satu surat, yaitu At-Taubah. Maka yang ditulis hanya 113 saja. “Jadi yang mengawali dengan bismillah hanya 113 surat,” tandas Ning Sheila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain