Kitab yang Populer milik Abu Nuaim

hilyatul auliya

Hilyah Auliya adalah salah satu kitab populer dalam dunia tasawuf. Kitab ini merupakan buah karya Abu Nuaim Al Isfahani. Namanya populer sebagai ulama tasawuf, ahli hadis dan al Quran.

Abu Nuaim Al Isfahani bernama lengkap Ahmad bin Abdullah bin Ahmad bin Ishaq al Isfahani. Beliau dilahirkan di Isfahan sekarang masuk wilayah Iran pada bulan rajab tahun 366 H. Ada yang berpendapat beliau lahir tahun 334 H. Ayahnya Muhammad bin Yusuf dikenal sebagai seorang ulama.

Lingkungan adalah salah satu yang membentuk Abu Nuaim menjadi seorang cendekiawan. Sejak umur 6 tahun sering diajak ayahnya untuk bertemu dengan banyak ulama. Selain itu juga banyaknya ulama di kota tersebut membuat Abu Nuaim lebih mudah belajar berbagai disiplin keilmuan.

Kecintaanya akan ilmu pengetahuan membuat Abu Nuaim melanglang buana memburu ilmu. Tercatat beberapa kota seperti Bagdad, Mekkah, Basrah, Kufah hingga Naisabur menjadi tempatnya untuk nyantri. Diantara nama guru gurunya adalahAli Ash Shawwaf di Baghdad, Abu Bakar Al Ajiri di Makkah, Faruq bin Abdul Karim Al Khaththabi di Bashrah, Abu Abdullah di Kufa dan kepada Ahmad Al Hakim di Naisabur dan masih banyak lagi yang lainnya.

Abu Nuaim adalah ulama masyhur. Banyak ulama mengakuinya. Salah satunya adalah Ibnu Taimiyyah. Ada kisah tentang hal ini. Disebutkan Ibnu Taimiyah pernah ditanya yang mengapa membaca kitab Hilyatul Auliya’. Maka Ibnu Taimiyah rahimahullah pun menjawab, “Abu Nu’aim adalah salah seorang penghafal hadis terkemuka, penulis buku yang banyak dan terbilang, dan karya tulisnya banyak dimanfaatkan orang. Beliau lebih besar daripada sekadar mendapat gelar tsiqah. Hal itu karena kualitas dan kemampuannya lebih tinggi daripada gelar tersebut, dan kitabnya (Hilyatul Auliya’) adalah salah sebuah buku terbaik yang mengungkap kisah-kisah orang-orang zuhud.”

Beliau juga termasuk ulama yang sangat banyak karyanya. Diantara karyanya adalah Tarikh Asbahan, Ma’rifah Shabah, Ulum al-Hadits, Mustakhraj al Bukhari, Mutakhraj ‘ala Shahih Muslim, Hilyat al-Aulia wa Thabaqah al-Ashfiya, kitab yang terakhir ini mendapat banyak pujian dari para ulama.

Kitab Hilyat al-auliya ‘,adalah kitab biografi para tokoh Islam dari masa awal. Dalam kitab ini, setidaknya disebutkan biografi 800 ulama, yang dimulai dari para Khulafa al-Raasyidiin hingga dengan para ulama yang semasa dengan Abu Nu`aim al-Ashfahani. Kitab terdiri dari delapan jilid yang tebal.

“Jika engkau ingin menambah kisah para ulama maka teruslah mempelajari kitab “Hilyatil Auliya’”.” begitu saran Imam Ghazali

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain