Gus Ali : Pandailah Menata Niat

gus ali

KH Agoes Ali Masyhuri atau Gus Ali menyebutkan ada ciri-ciri orang mempunyai niat yang ikhlas dalam beramal. Menurutnya salah satu ciri yang niat yang ikhlas tidak terjebak dengan kepentingan sesaat apalagi pencitraan. Untuk itu pandailah menata niat.  

“Ciri niat yang ikhlas artinya tidak ada pencitraan, tidak terjebak oleh kepentingan-kepentingan sesaat, orientasi nya adalah akhirat,” jelas Gus Ali dalam dalam Istighosah dan Doa Bersama. Menurut Gus Ali panggilan akrabnya bahwa ada tiga ciri niat yang ikhlas.

“Pertama, tanda seseorang punya niat yang ikhlas yaitu baginya, pujian dan celaan manusia sama saja. Atau dalam bahasanya disebut dengan “dijokno uwong dilokno uwong podo” (dipuji dan dicela manusia sama saja), kata ualama asal Tulangan Sidoarjo ini.

Kemudian Gus Ali menambahkan bahwa tanda kedua seseorang mempunyai niat ikhlas yaitu bila beramal yang dipandang adalah hanya keridhaan Allah bukan pujian manusia. Dan yang terakhir menurut Gus Ali adalah ketika melakukan amal kebajikan, ia hanya berharap bertemu dengan pahalanya di akhirat.

Selanjutnya Gus Ali mengingatkan bahwa bagusnya niat sangat menentukan kualitas amal. Bahkan para ahli hadis sepakat bahwa Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung pada niat. Dan setiap orang hanya mendapatkan apa yang Ia niatkan.

Untuk itu sangat dianjurkan menata niat. “Pandai-pandailah menata niat, karena bagusnya niat akan menentukan kualitas amal. Banyak amal biasa menjadi bermakna karena dibungkus dengan niat yang tulus dan benar. Banyak keajaiban menjadi sia-sia karena tidak dibarengi dengan niat yang tulus dan benar,”ungkapnya.

“Pandai-pandailah menata niat, karena bagusnya niat akan menentukan kualitas amal.”

Gus Ali  berkisah bahwa ada seorang wali besar, pernah ditanya oleh seorang pengikutnya tentang tanda-tanda seseorang punya niat benar dalam beramal. Kemudian Syekh tersebut menjawab, bahwa pertama seseorang yang mempunyai tanda niat yang ikhlas dalam beramal adalah tidak malas, bergerak maju dan optimis. kemudian tanda lainnya adalah seseorang yang punya niat yang benar dalam beramal, bila menemui kesulitan hambatan senantiasa ulet sabar dan tahan banting.

“Dan yang terakhir, tanda seseorang punya niat benar dalam beramal bergantungnya hanya pada Allah SWT,” ungkapnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain