Oruc Guvenc Masternya Terapi Musik Sufi

oruc

Terapi musik sufi dikenal mampu membantu menyembuhkan orang sakit. Salah satu masternya adalah Oruc Guvenc. Pria kelahiran turki ini dikenal sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh dalam terapi musik sufi dan seorang sufi.

Oruc Guvenc lahir tahun 1948 di Turki. Ia dianggap sebagai master terapi musik sufi, etnomusikolog, komposer dan penyair. Beberapa penghargaan akademik internasional telah diterimanya. Salah satu sumbangsihnya adalah melahirkan kembali metode penyembuhan lewat nada suara tradisional Turki, alias makam. Diyakini makam ini memiliki efek fisik dan spiritual khusus sehingga membantu penyembuhan. Bahkan Oruc menciptakan nada suaranya sendiri yang disebut Tarz-i Vefa dan juga menyusun saz semai dan pesrev (pendahuluan) dalam nada suara ini.

Mulai kenal musik setelah belajar biola ketika di bangku sekolah menengah. Saat menempuh kuliah di Universitas Istambul mulai belajar alat musik lainnya seperti ud, rebab, tambur dan lain sebagainya. Setelah menyelesaikan gelar sarjana, ia melanjutkan kuliah di dan memperoleh gelar doktor dalam bidang psikologi klinis di Fakultas Kedokteran Cerrahpasa. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Ayhan Songar, Oruc menjadi satu-satunya ahli dalam bidang ini.

“Oruc Guvenc lahir tahun 1948 di Turki. Ia dianggap sebagai master terapi musik sufi, etnomusikolog, komposer dan penyair.”

Setelah itu mendirikan ‘Pusat Penelitian dan Penerapan Musik Turki’ di Fakultas Kedokteran Cerrahpasa dan dipromosikan sebagai asisten profesor Etnomusikologi oleh Dewan Antar Universitas. Kemudian menjadi dosen di ‘Unit Penelitian dan Promosi Musik Turki’ Universitas Marmara.

Tahun 1975, Oruc Guvenc mendirikan TUMATA sebuah kelompok penelitian yang mempromosikan Kelompok musik etnik Turki. Lewat TUMATA ini dikembangkan metode penyembuhan sufi lewat musik mulai dari asal-usul dan kualitas penyembuhan musik Tradisional Asia Tengah. Tidak hanya itu TUMATA juga melakukan studi, dokumentasi dan pertunjukan musik, instrumen, kostum, dekorasi panggung dan pola tradisional Asia Tengah.

Dalam studinya, Oruc Guvenc meneliti bahan-bahan ini dalam pengertian sosial, budaya, pedagogis, terapeutik dan spiritual. Lembaga ini mengoleksi lebih dari 400 alat musik dari Asia Tengah dan Anatolia dapat dilihat di pusat TUMATA di Istanbul.

Diantara karyanya adalah buku berjudul “Terapi Musik: Huseyin Makam, monografi berjudul Yang Dicintai Allah – Hazret Mevlana. Selain itu juga dua album yaitu “Laut Kenang-kenangan” yang berisi improvisasi musik sufi dan zikir dirilis tahun 1995. Kemudian album kedua berjudul “Rivers of One,” dirilis pada 1997.  Oruc Guvenc wafat 2017 lalu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain