Ziryab, Selebritis Dunia Islam Abad 9

ziryab

Pada abad ke sembilan nama Ziryab begitu masyhur dalam dunia Islam. Ia adalah musisi, perancang busana, dan seorang yang membuat trend gaya hidup waktu itu. Ziryab adalah penghibur kelas wahid sekaligus trendsetter yang karyanya bisa dinikmati hingga sekarang.

Bernama lengkap Abul-Hasan Ali Ibn Nafí yang lahir di Irak pada tahun 789 M. Julukan ziryab yang melekat padanya disebabkan suaranya yang merdu serta kulitnya yang gelap yang mirip dengan burung berbulu hitam. Di zamannya dia merevolusi musik, gaya hidup, mode, gaya rambut, furnitur dan bahkan peralatan makan.

Ziryab adalah murid berbakat dari Ishaq al-Mawsili, musisi terkenal di Baghdad dan menjadi favorit Khalifah Abbasiyah Harun Al-Rashid. Bakatnya yang luar biasa membuat Ziryab dijadikan pengganti gurunya. Pada tahun 822 pindah ke Kordoba, Andalusia atas undangan Khalifah Abdurahman II. Di kota inilah Ziryab menemukan ketenaran, kemakmuran, pengakuan atas karya seninya. Ia menjadi seniman istana dengan gaji 200 dinar emas per bulan ditambah banyak hak istimewa.

Ziryab adalah penghibur kelas wahid sekaligus trendsetter yang karyanya bisa dinikmati hingga sekarang.”

Revolusi musiknya dimulai ketika pertama kalinya memperkenalkan kecapi atau Al-U’d ke Spanyol.  Ia berhasil melakukan penambahan senar bass kelima.  Ziryab juga mendirikan konservatori pertama di dunia yang mencakup pengajaran harmoni dan komposisi musik. Apa yang dilakukan itu menjadi berkembang dengan luar biasa pada abad berikutnya.

Selain musik Ziryab juga mengubah kebiasaan sosial. Hal itu terlihat dalam memberikan sentuhan pada cara berpakaian dan gaya rambut. Tidak hanya itu ziryab juga berhasil menciptakan tren baru pada  cara orang makan, bersosialisasi, dan dalam desain perabotan dan peralatan dapur. Dia mengganti gelas emas dengan gelas lain yang terbuat dari kaca dan kristal.  Ziryab juga mengkampanyekan penggunaan taplak meja dan pemakaian gaun putih di musim panas. Dia juga memperkenalkan resep kuliner baru, peralatan makan baru, mode busana baru dan bahkan permainan catur dan polo.

Prestasi Ziryab membuatnya dihormati oleh generasi berikutnya, bahkan sampai hari ini. Di dunia Muslim, tidak ada satu negara pun yang tidak memiliki jalan, hotel, klub atau kafe yang dinamai menurut namanya. Di Barat, para cendekiawan dan musisi masih memberikan penghormatan kepadanya hingga hari ini.

Di dunia mode , ia adalah orang yang memperkenalkan gaun musim dingin dan musim panas, Bahkan dengan tepat menetapkan tanggal kapan setiap busana dikenakan. Selain itu ia juga menambahkan gaun setengah musim untuk antar musim. Melalui karyanya gaun mewah dari Timur diperkenalkan di Spanyol.

1 thought on “Ziryab, Selebritis Dunia Islam Abad 9”

  1. Pingback: Liu Zhi, Wali dari Nanjing » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain