Spiritualitas Nadia Janjua

nadia

Nadia Janjua adalah seorang seniman, arsitek, dan pendidik seni yang berbasis di Washington DC Amerika Serikat. Karya seninya terinspirasi oleh hubungan spiritual dan emosional nya yang mendalam dengan iman dan perjalanan hidupnya. Nadia adalah salah satu pendiri Muslim Women in the Arts (MWIA)’

“Semua karya seni saya sangat pribadi bagi saya, dan pada dasarnya itu adalah jiwa saya . Saya belajar bagaimana mengekspresikan diri dengan warna dan bentuk sebelum saya melakukannya dengan kata-kata, jadi melukis dan menggambar benar-benar menjadi perpanjangan alami dari tangan dan pekerjaan batin saya,” kata Nadia Janjua

Gaya seninya terlihat bersemangat, hidup dan penuh warna, Melihat lukisannya akan memunculkan suasana hati yang positif dan ringan.  Lukisannya tidak hanya memiliki makna, tetapi menyatu dengan gayanya yang cerah hingga membantu meningkatkan mood setiap melihatnya. “Semua karya seni saya sangat pribadi bagi saya, dan pada dasarnya itu adalah jiwa saya yang datang” katanya.

Mengenal Nadia Janjua tidak hanya tentang seni rupa tetapi juga mencakup desain rumah, masjid dan fasilitas pendidikan. Dia juga telah menyumbangkan keahliannya dalam beberapa desain rumah ibadah, rumah dan sekolah. Tahun 2005, Nadia melakukan perjalanan ke Rawalpindi, Pakistan setelah gempa hebat melanda daerah tersebut. Di sana Nadia Janjua membantu melatih pekerja lokal dan tentara untuk membangun kembali perumahan agar lebih aman agar lebih tahan terhadap gempa.

Lahir dari orang tua Kashmir-Pakistan, Nadia dibesarkan di pegunungan Maryland Barat Amaerika bersama tiga saudara kandungnya. Ia memperoleh gelar Magister Arsitektur dari Institut Teknologi New Jersey dan merupakan bagian dari sebuah jaringan seniman wanita Muslim. Dia percaya bahwa lewat seni di mampu mengangkat komunitas Muslim di banyak tempat .

“Semua karya seni saya sangat pribadi bagi saya, dan pada dasarnya itu adalah jiwa saya . Saya belajar bagaimana mengekspresikan diri dengan warna dan bentuk sebelum saya melakukannya dengan kata-kata, jadi melukis dan menggambar benar-benar menjadi perpanjangan alami dari tangan dan pekerjaan batin saya.”

Tentang karya seninya Nadia Janjui berujar,” Dalam semua karya kreatif saya, saya berkomitmen untuk menceritakan kebenaran dan refleksi batin saya melalui ekspresi warna, tekstur, dan teks. Saya tertarik pada abstraksi konsep dan momen. Karya seni saya berkembang dengan berbagai interpretasi yang membawa manusia pada pengalaman di dalamnya. Karya seni saya telah menjadi sumber penyembuhan saya, yang dalam proses menciptakannya didasarkan pada refleksi dan pemahaman paling benar yang dialami oleh jiwa saya. Lukisan bagi saya terasa seperti mengungkapkan diri pada kanvas, dan entah bagaimana aku sepertinya selalu menemukan diriku di dalamnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain