Perempuan Genius Bernama Sutayta al-Mahamali

sutayta

Sutayta al-Mahamali adalah seorang matematikawan, ahli hukum, mufti, dan sarjana dari Irak. Dia disebut wanita renaisans karena kejeniusannya. Padahal ia lahir empat abad sebelum Renaisans Eropa.

Lalu siapakah Sutayta al Mahamali? Sutayta adalah perempuan genus yang lahir di Bagdad paruh abad sepuluh. Perempuan ini dikenal sebagai ahli matematika. Kejeniusannya membuat Sutayta di puji oleh banyak ulama seperti seperti Ibnu al-Jauzi, Ibnu al-Khatib Baghdadi, dan Ibnu Katsir.

Ia berasal dari intelektual di Baghdad. Ayahnya bernama Abu Abdallah al-Hussein adalah seorang hakim yang menulis beberapa kitab diantaranya Kitab fi al-fiqh, Salat al-‘idayn. Adapun pamannya yang bernama Hussein Mohammed bin Ahmed bin Ismail al-Mahamli adalah seorang sarjana Hadis

Serah kehidupannya memang minim informasi. Namun soal kepiwaiannya dalam ilmu matematika tidak diragukan lagi. Kepakarannya dalam bidang matematika tak bisa dilepaskan dari peranan sang ayah. Selain mendapatkan bimbingan langsung, Sutayta juga menimba ilmu matematika dari beberapa ahli matematika kala itu seperti Abu Hamza bin Qasim, Omar bin Abdul Aziz al-Hashimi, Ismail bin al-Abbas al-Warraq, dan Abdul Alghafir bin Salamah al-Homsi.

“Sutayta al-Mahamali adalah seorang matematikawan, ahli hukum, mufti, dan sarjana dari Irak. Dia disebut wanita renaisans karena kejeniusannya. Padahal ia lahir empat abad sebelum Renaisans Eropa.”

Dari sini, Sutayta mendalami sastra Arab, ilmu hadis, ilmu hukum, naskah-naskah, dan matematika. Berkat kecerdasannya Sutayta berhasil memecahkan ragam persoalan aljabar. Ia pun sangat menguasai ilmu hisab atau aritmetika, dan perhitungan waris. Selain itu juga diakui sebagai pakar di bidang sastra Arab, ilmu hadis, dan hukum.

Sebenarnya, Sutayta al-Mahamali adalah sosok yang multi talenta. Namun salah satu yang menjadi spesialisasinya adalah aritmatika. Dari cabang ilmu matematika ini, aritmatika menjadi cabang matematika yang berkembang cukup baik. Ia adalah salah satu ilmuwan yang berhasil memecahkan solusi sistem persamaan dalam matematika. Catatannya tentang sistem persamaan pun banyak dikutip oleh para matematikawan lainnya.  Sutayta tutup usia pada tahun 987 M.

Sutayta al Mahamali adalah sedikit perempuan muslim yang meninggalkan jejak cemerlangnya di dunia. Sampai sekarang namanya dikenang sebagai ahli matematika dan perempuan multi talenta.

1 thought on “Perempuan Genius Bernama Sutayta al-Mahamali”

  1. Pingback: Keluarga Maslahat Menurut Alissa Wahid » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain