Nicke Widyawati Dinobatan sebagai Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

nicke

Nicke Widyawati dipilh majalah Fortune sebagai wanita paling berpengaruh di dunia (di luar Amerika Serikat) tahun 2021. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) ini menempati peringat ke -17

Majalah bisnis global ini menilai Nicke memiliki kemampuan untuk melewati tantangan triple shock yakni jatuhnya harga minyak, penurunan permintaan bahan bakar dan tekanan nilai tukar yang dialami Pertamina selama pandemi tahun 2020. Di bawah kepemimpinan Nicke, Pertamina menunjukkan kondisi lebih baik dengan mencapai target produksi Migas. Majalah ini juga mengakui bahwa Nicke terus mendukung transisi energi Indonesia dengan membangun portofolio Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk memberikan energi bersih bagi negara di masa depan. “Pengakuan ini merupakan bukti nyata besarnya kepercayaan internasional terhadap Pertamina yang terus bergerak mengantisipasi transisi energi,”ujar Nicke.

Perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967. Saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina sejak 30 Agustus 2018. Sederet penghargaan telah diterimanya diantaranya adalah Women’s Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institute pada tahun 2013 dan Most Powerful Women International Majalah Fortune pada tahun 2020. The Aramco Trading, perusahaan energi global yang berbasis di Saudi Arabia menobatkan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati sebagai Top CEO 2020.

Nicke Widyawati adalah lulusan Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran (S2) tahun 2009 dan Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung (S1) tahun 1991.

Kariernya dimulai bekerja pada usia 21 tahun. Nicke sempat bekerja di sempat bekerja di PT. Rekayasa Industri. Kemudian, ia bergabung dengan Mega Eltra, BUMN yang bergerak di bidang kelistrikan hingga menjadi direktur utama perusahaan tersebut. Kariernya perpindah ke PLN sebagai Direktur Pengadaan Strategis I pada tahun 2014. Pada tahun 2017,mulai berkarier di Pertamina sebagai Direktur Sumber Daya Manusia dan pelaksana tugas Direktur Logistik, Rantai Pasokan dan Infrastruktur hingga menjadi Direktur Utama Pertamina.( Dari berbagai sumber)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain