Kang Abik Tentang Doa untuk Anak

habiburrahman el shirazy

PITUTUR ID.Kang Abik atau Habiburahman el Shirazy mengatakan bahwa Al Quran memuat pesan penting unuk anak. Salah satunya bisa dilihat dari doa-doa khusus anak yang ada di dalamnya.


Al Quran punya perhatian luar biasa pada anak baik sebelum maupun setelah lahir. Para Nabi juga selalu mendoakan dan keturunannya. Untuk itu penting sekali mendidik anak yang didasari Al Quran dan sunah Nabi.

Hal ini dikatakan oleh novelis kondang Habiburrahman el Shirazy dalam Workhsop Kiat Menulis Cerita Anak yang diadakan Lembaga Seni dan Peradaban Islam MUI. “Kita akan melihat betapa Al Quran sangat punya perhatian luar biasa pada anak bahkan sebelum kelahirannya, ketika lahir, dan seterusnya,” katanya.

Menurut Kang Abik, panggilan akrabnya, berbicara tentang anak dan urgensi mendidik anak tentu rujukan utamanya adalah Al Quran dan sunah Nabi Muhammad saw dan para Nabi lainnya. Menurutnya para nabi terdahulu selalu berdoa yang terbaik anak keturunannya sebagaimana tercantum dalam al Quran

“Kita akan melihat betapa Al Quran sangat punya perhatian luar biasa pada anak bahkan sebelum kelahirannya, ketika lahir, dan seterusnya.”

Tidak sedikit doa-doa para utusan Allah itu dikisahkan dan ditemukan dalam Al Quran. Salah satu doanya adalah doa Nabi Sulaiman as. yang artinya …dan berilah aku kebaikan pada keturunanku.””

Kang Abik juga menyinggung ayat Al Quran lainnya seperti dalam surat Ali Imran misal yang artinya,”Ya Allah, limpahkanlah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik.”


Menurutnya doa –doa tersebut sangat memerlukan ikhtiar dari orang tuanya. “Bagaimana menjaga anak kita. Mendidiknya supaya menjadi generasi yang saleh. Supaya tetap pada rel yang semestinya,” ungkapnya.

Habiburrahkan el Shirazi adalah novelis yang karya-karyanya sangat laris. Salah satu novelnya yang paling fenomenal adalah Ayat-Ayat Cinta. Bahkan ketika diangkat di layar lebar tak kalah poluper. Film ini laris manis di pasaran.

H. Habiburrahman El Shirazy, Lc. Pg.D., lahir 30 September 1976. Ia dikenal sebagai adalah novelis, sutradara, dai, sastrawan dan pimpinan pondok pesantren. Karya-karyanya sudah dikenal di ,mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong, Taiwan, Australia, dan Amerika Serikat.

Berikut adalah beberapa karyanya yaitu Ayat-Ayat Cinta (2004), Di Atas Sajadah Cinta, Ketika Cinta Berbuah Surga (2005), Pudarnya Pesona Cleopatra (2005), Ketika Cinta Bertasbih (2007), Ketika Cinta Bertasbih 2 ( 2007) Dalam Mihrab Cinta (2007), Gadis Kota Jerash (2009), Bumi Cinta, (2010).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain