Martin Lings : Penutur Nabi dan Sakhespeare yang Fasih

Martin Lings tak asing lagi dengan dunia sastra. Ia dikenal jenius dalam pengetahuan sastranya tentang pujangga Inggris Sakhespeare. Namun novelnya Muhammad ; His Lige Based on the Earliest Sources tak kalah mengagumkan.

Buku Muhammad ; His Lige Based on the Earliest Sources, adalah buku tentang kisah Rasulullah saw yang menjadi best seller dimana-mana.Buku tentang biografi Rasullah saw berdasarkan sumber klasik ini memberikan sentuhan berbeda tentang penulisan riwayat hidup Rasulullah saw.

Gaya bahasa bertutur yang ada dalam buku ini menjadikan lebih mudah paham dan menggugah emosi pembacanya. Tulisannya sangat detail dan mengagumkan. Buku karya Martin Lings ini banyak dipuji cendekiawan dunia. Buku tersebut telah diterjemahkan dalam 10 bahasa diantaranya bahsa Perancis, Italia, Spanyol, Indonesia, Turki, Belanda, Tamil, Arab, Urdu dan lain sebagainya.

Orang menyebutnya tour de force atau karya yang tiada banding. Oleh banyak kalangan buku ini disebut menjadi salah satu buku biografi Rasulullah saw yang terbaik dan pernah diterbitkan dan mendapat penghargaan dari Pakistan dan Mesir sebagai buku terbaik.

Disebutkan bahwa sumber yang diambil dalam buku ini adalah sumber berbahasa Arab pada abad ke-8 dan ke-9. Ada tiga sumber utama yang menjadi bahan penulisan buku ini, yaitu Sirah Rasulullah karya Ibnu Ishaq, At Tabaqot al Kabir karya Ibnu Saad, dan Al Maghazi karya Muhammad Ibn Umar al Waqidi.

Martin Lings adalah cendekiawan kelahiran Burnage,Lachasire, Inggris, 24 Januari 1909. Namun masa kecilnya justru dihabiskan di Amerika.  Marting Lings pernah mengecap pendidikan di Clifton College, Bristol. Kemudian berlanjut di Magdalen College,Oxford dan memperoleh gelar BA pada tahun 1932. Martin sempat mengajar studi Anglo-Saxon di Lithuania pada tahun 1932. Tercatat pernah juga mengajar di Universitas Kaunas, Inggris Tengah.

Ia tidak hanya dikenal sebagai sastrawan, tetapi juga cendekiawan modern Inggris. Karyanya banyak dan mampu menginspirasi masyarakat dunia. Sebagai sastrawan, Martin Lings adalah orang yang paling menonjol pengetahuannya tentang Shakespeare. The Sacred Art of Shakespeare: To Take Upon Us the Mystery of Things adalah satu bukunya tentang pujangga besar Inggris ini. Bahkan Pangeran Charles memberikan kata pengantar dalam buku ini.

”Kejeniusan khusus yang dimiliki Lings terletak pada kemampuannya untuk menyampaikan, seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain sebelumnya. Teks-teks dasar yang ia sajikan dalam karya teater ini telah meninggalkan kesan yang mendalam, tidak hanya kepada para pecinta karya seni, tetapi juga kepada para pembaca awam,” tulis Charles.

Dunia Islam mengenal Martin Lings tidak hanya sebagai cendekiawan dan sastrawan. Ia adalah pengikut Tarekat Syadziliyah. Semasa hidupnya Martin diundang sebagai pembicara pada forum-forum kajian Islam di berbagai negara. Komitmennya tentang kemajuan Islam terbawa hingga wafat.

2 thoughts on “Martin Lings : Penutur Nabi dan Sakhespeare yang Fasih”

  1. Pingback: Banat Suad Mahakarya Sastra Sahabat Nabi » Pitutur ID

  2. Pingback: Thalhah bin Ubaidillah Sahabat Rasulullah saw yang Mempunyai Tiga Julukan » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain