Teknik Membuat Jam Radwan al-Sa’ati

radwan

Radwan aa Sa’ati adalah salah satu ilmuwan masyhur awal abad ke 7. Karya-karyanya tentang pembuatan jam menjadi inspirasi bagi generasi setelahnya.

Salah satu bukunya yang terkenal adalah buku tentang jam yang berjudul “Ilm al-Sa’at wa al-‘amal biha” atau Ilmu tentang jam dan kegunaannya. Buku ini merupakan buku pioner tentang ilmu pembuatan jam karya Radwan al Sa’ati yang menginspirasi para ilmuwan generasi selanjutnya.  

Bernama lengkap Radwan bin Muhammad bin Ali al-Khurasani fakhr al-Din al Sa’ati, ilmuan ini lahir di Damaskus. Sejak kecil mendapatkan ayahnya sendiri Muhammad al-Sa’ati, yang juga ilmuan masyhur pada zamannya. Ayahnya dikenal tak tertandingi dalam pengetahuan astronomi dan pembuatan jam. Dialah yang membangun kembali jam masjid agung Damaskus pada masa pemerintahan Nuruddin al-Zanki .

Predikat saintis multidisiplin melekat pada diri Ridwan al-Sa’ati. Dia pakar astronomi, geografi, fisika, politik, serta sastra. Ia pun menguasai teknik. Beberapa literatur sejarah merekamnya sebagai salah satu ilmuwan besar di dunia Islam. Tokoh ini berasal dari Damaskus, Suriah, yang merupakan ibu kota kekhalifahan Ummayah.

Selain pakar di bidangnya, Muhammad al-Sa’ati berperan besar melalui karyanya, yakni instrumen jam air yang dibangun di atas Jembatan Jirun. Instrumen itu dibuat antara 1154-1174 Masehi. Jam ini berada di kompleks Masjid Agung Umayyah yang ada di Damaskus.

Dari ayahnya, Ridwan menimba ilmu teknik, terutama metode pembuatan jam, serta astronomi. Ilmunya tak hanya bersumber dari satu guru. Ia menuntut ilmu kepada beberapa cendekiawan ternama lainnya, seperti Fakhr al-Din Muhammad ibnu Abd Salam al-Mardini yang darinya Radwan memperoleh ilmu tentang pengobatan.

Abu al-Yamn Taj al-Din Zayd ibnu al-Hasan al-Kindi menjadi sosok lain yang ikut memoles kehidupan intelektual Ridwan. Ridwan menggenapi rintisan awal karier intelektualnya melalui buku pertama yang ia tulis pada Oktober 1203 Masehi, yang berisi penjelasan perinci mengenai pembuatan serta mekanisme kerja jam

Dalam dunia kepenulisan Radwan dikenal sebagai penulis yang produktif. Dia menulis risalah medis di mana dia mencatat komentarnya terhasap karya Ibnu Sina.  “Ilm al-Sa’at wa al-‘amal biha” atau ilmu tentang jam dan kegunaannya adalah karya paling runutrm enak dibaca, dengan tulisan yang jelas dan rapi dan terdiri dari 198 halaman.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

iblis

Dialog Sufi dan Iblis

Dikisahkan Junaid Al Bagdad, serang sufi yang masyhur ini ingin bertemu Iblis. Hingga suatu hari akhirnya berjumpalah dengan makhluk laknatullah ini. Ada dialog menarik ketika

kulit kentang

Sepuluh Manfaat Kulit Kentang

Kentang dikenal sebagai umbi-umbian yang kaya manfaat untuk tubuh. Selain menyehatkan , rasanya juga enak ketika direbus atau digoreng. Namun ternyata kulit kentang juga mempunyai