Halima Aden dapat Kehormatan Sebagai Ratu Fashion

halima aden

Model AS-Somalia Halima Aden mendapat kehormatan di acara Heirs of Afrika 2021 International Women of Power di Los Angeles. Halima Aden menerima kehormatan Fashion Queen dalam acara tersebut.

“Bakat hebat dan memerikan inspirasi memecahkan hambatan bagi wanita kulit hitam muda lainnya di seluruh dunia,” kata Heirs of Afrika. Aden bergabung di acara tahunan edisi ke-4. Aden mengikuti jejak penerima penghargaan sebelumnya seperti aktris Tiffany Haddish, Rosario Dawson dan Ryan Destiny.

Duta besar UNICEF memang pantas mendapatkan gelar ratu mode. Kisahnya sangat inspiratif ketika pergulatannya dimulai di sebuah kamp pengungsi Kenya, sebelum berpindah ke Amerika Seikat  bersama keluarganya saat berusia 7 tahun.

Halima Aden menjadi menjadi populer ketika menjadi semi finalis menjadi wanita pertama yang berjilbab di kontes Miss Minnesota USA.  Model Muslim ini juga menjadi kontestan pertama yang menggunakan burkini selama babak kontes pakaian renang. Tahun 2017 Aden membuat sejarah lagi ketika menjadi model berhijab pertama di New York Fashion Week.

Wanita berusia 23 tahun itu membuat keputusan untuk meninggalkan industri fashion yang telah memopulerkan namanya pada November 2020 “Ibuku memintaku untuk berhenti menjadi model sejak lama. Saya berharap saya tidak terlalu defensif,” tulis Aden dalam posting Instagram panjang yang merinci mengapa dia memutuskan untuk mundur dari modeling.

Halima Aden mengatakan industri fashion kelas atas telah membuatnya kehilangan kesadaran akan jatidirinya. Ia berkisah tentang perjuangan dalam pekerjaannya sambil menyeimbangkan identitasnya sebagai seorang wanita Muslim yang taat. Menurutnya andemi Covid-19 memberinya kesempatan untuk menyadari jika terus menempuh jalannya saat ini. Halima bahkan menulis kalimat di profil instagramnya yaitu “deen over dunya” (agama nomor satu dibandingkan kenikmatan dunia).

Penghargaan Heirs of Afrika, didirikan oleh media Ghana-Amerika Koshie Mills, merayakan wanita kulit hitam yang menjadi agen perubahan dalam hiburan, mode, kecantikan, dan bisnis. Acara tersebut dipandu oleh Grammy Michelle Williams, oleh Perwakilan AS Maxine Waters, aktor Kofi Siroboe dan pengusaha Alexis Kerr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain