Habib Jindan : Pentingnya Meneladani Perjuangan Rasulullah dan Ulama

habib jindan

Bulan Muharam kali ini bertepatan dengan perayaan HUT kemerdekaan RI ke 76. Untuk itu Habib Jindan menghimbau agar selalu meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para ulama yang membela negara. Semangat hijrah adalah semangat meraih kemuliaan.

Hal itu dikatakan saat Habib Jindan memberikan tausiyahnya dalam peringatan Muharram dan HUT RI di Pesantren Baitul Hikmah, Depok, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut habib Jindan menekankan pentingnya meneladani Rasulullah saw.  “semangat hijrah dari Nabi Muhamad haruslah jadi teladan bersama. Nabi Muhammad berhijrah untuk meraih kemuliaan. Untuk apa? Agar Islam bisa berkembang. Agar ilmunya Rasulullah bisa hidup. Agar bisa mendirikan shalat dengan benar, agar dapat berdizkir. Agar dapat bertasbih, agar menjalankan akhlak, dan adab,” terang Habib Jindan yang juga pengasuh Pesantren al-Fachriyah.  

Dalam kesempatan yang sama Habib Jindan juga menyampaikan pentingnya meneladani perjuangan para kiai dan habaib dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan  “Di balik kemerdekaan Indonesia, ada tokoh-tokoh ulama besar, para wali dan shalihin. Seperti Kiai Hasyim Asy’ari, juga para kiai dan habaib. Mereka ini berjuang, sebelumnya disiksa Jepang, disiksa Belanda, dipenjara, dan gangguan lainnya. Habib Salim pernah divonis untuk dieksekusi pihak penjajah. Tapi, anugerah dari Allah yang menyelamatkan beliau,” jelasnya.  

Untuk itu lanjut Habib Jindan teladan yang paling penting dalam dua peristiwa besar itu adalah keikhlasan dan ketulusan berjuang. “Para ulama itu berjuang tanpa pamrih. Nggak mau gelar apa pun, nggak mau kekuasaan apapun. Karena ketulusan dan keikhlasan itulah, para pejabat dan pemimpin negeri ini hormat sekaligus meminta saran kepada para ulama,” ujarnya.

Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan adalah Pimpinan Yayasan Al Fachriyah, Tangerang, Banten. Beliau aktif di Majelis Syura, anggota senior di Majelis Alwafa bi Ahdillah, dan penasehat di Majelis Silaturahmi Ulama dan Habaib di Tangerang.

2 thoughts on “Habib Jindan : Pentingnya Meneladani Perjuangan Rasulullah dan Ulama”

  1. Pingback: Sedekah Sarung Habib Anis Al Habsyi » Pitutur ID

  2. Pingback: Temuan MUI Jawa Barat Terkait Yayasan Baiti Jannati dan Pemimpinnya » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain