Pentingnya Menjaga Lingkungan Menurut Quraish Shihab

quraish

PITUTUR ID. Menjaga lingkungan diajarkan oleh Al Quran. Menurut Prof. Qurasy Shihab dalam beberapa ayatnya mengajarkan tentang hubungan manusia dengan alam.


Hal ini dikatakan oleh pakar tafsir al Quran ,Prof Quraish Shihab dalam tayangan youtube Shihab & Shihab. Menurutnya banyak sekali dalam Al-Qur’an ayat yang berbicara tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Prof. Quraish Shibab mengatakan bahwa hubungan antara manusia dengan alam haruslah harmonis. Hal ini berbeda dengan filsafat lain yang mengatakan ‘Pergilah dan taklukanlah bumi’. Dalam Al-Qur’an menerangkan bahwa manusia adalah khalifah di muka bumi. Maknanya adalah manusia adalah pengelola dan mengantarkannya kepada tujuan penciptaan.

Makna ‘taklukan’ cenderung bernada pemaksaan. Alam memang takluk kepada bumi. Tetapi, bukan manusia yang menaklukkan, namun Allah SWT yang menundukannya. Jadi tugas manusia adalah menjadi mengelola bumi.

Quraish Shihab menyebutkan bahwa menjaga hubungan harmonis dengan lingkungan adalah keharusan “Agama mengajarkan perlunya keseimbangan sehingga lahir tuntunan-tuntunan. Kebersihan air, sanitasi, dan tidak kurang pentingnya sekarang makanan dan minuman jangan mubazir. Mubazir itu saudaranya setan,” ungkapnya.

Tentang mubazir, Quraish Shihab mengatakan bahwa dampaknya adalah banyaknya sampah makanan. Dijelaskan hal ini disebabkan berlebihan makanan dan sampah yang dihasilkan akan berdampak besar pada lingkungan.

“Karena itu, pesan agama jangan membeli yang kamu tidak butuhkan. Jangan masak yang tidak akan kamu habiskan, kecuali kamu kasih orang lain. Memelihara lingkungan ini perlu dan itulah tuntunan agama,” tutur penulis Tafsir Al-Misbah tersebut.

“Tanpa memelihara lingkungan, kita menganiaya generasi yang akan datang.”

Beliau menambahkan bahwa ulama terdahulu dulu mengatakan ada lima tujuan agama, yaitu memelihara jiwa, memelihara akal, memelihara jasmani, memelihara keturunan, dan memelihara harta benda.

Prof Quraish Shihab menyebut bahwa dari lima tujuan tersebut, ada satu yang kemudian menjadi sorotan yaitu memelihara keturunan. “Tanpa memelihara lingkungan, kita menganiaya generasi yang akan datang,” ujarnya.

Untuk itu sebaiknya selalu menjaga lingkungan sehingga akan berdampak lebih baik bagi generasi yang akan datang. ****

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain