Resep Manjur Gus Mus agar Lapang Rezeki

gus mus

PITUTURID. Sebuah resep tentang umur panjang dan lapang rezeki diberikan oleh KH Mustofa Bisri. Menurut Gus Mus sapaan akrab ulama Rembang ini menyebutkan bahwa ada menjalin silaturahim adalah salah satu kuncinya.


“Resep kalau kamu ingin rezekimu lapang dan umurmu berkah itu hendaklah bersilaturahim,” ungkap Gus Mus pada tayangan di kanal Youtube Gus Mus Channel, Rabu (24/11/2021).

Menurut Gus Mus, banyak hadis yang menjelaskan tentang amanat untuk bersilaturahim. Salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra.

Diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra, bahwasanya ia berkata,”Saya mendengar Rasulallah saw bersabda barang siapa yang suka jika rezekinya dilapangkan, atau suka jika (pengaruh) hidupnya dipanjangkan, maka hendaklah ia bersilaturrahim dengan kerabatnya,” terang kiai yang juga dikenal sebagai seorang sastrawan ini.

Pada penjelasannya, silaturahim ungkap Gus Mus adalah kata yang telah menjadi kata serapan dalam Bahasa Indonesia yang mempunyai arti atau makna menyambung atau tidak memutus hubungan kekeluargaan.

Menurut Gus Mus bersilaturahim merupakan momentum yang dapat mempererat kerukunan. Dengan menjaga silaturahim, keharmonisan dalam hubungan keluarga akan terjalin dengan baik. Disamping itu juga bisa menjadi ladang pahala.

Bila dilihat dari kondisi sekarang ini tidak jarang kita mendapatkan seseorang jauh dengan kerabatnya. Ada pula yang baik dengan teman, tetapi tidak dengan saudaranya sendiri. Tentu ini menjadi sesuatu yang perlu direnungkan.

“Bersilaturahim merupakan momentum yang dapat mempererat kerukunan”

Menurut pengasuh pondok Pesantren Raudlotut Thalibin ini apabila tetap menjalin hubungan baik dengan saudara, akan membawa seseorang kepada rezeki yang lapang, umur yang berkah, dan pengaruhnya akan lama.

“Umur panjang dan rezeki lancar, jangan lupa silaturahim. Silaturahim digencarkan. Hendaklah bersilaturahim, agar tidak putus kekerabatan, sejak awal kita harus baik pada kerabat itu. Kalau tidak baik nanti ada pertikaian, terus putus hubungan, akhirnya tidak bisa menyambung kekerabatan,” ungkapnya.

Untuk itu menjadi marilah menjaga tali silaturahim dengan saling mengunjungi saudara. Silaturahim disamping mempererat persaudaraan juga menjadi ladang amal soleh. ***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain