Doa Orang Soleh yang Misterius

Dikisahkan suatu hari seorang ulama Madinah bernama Muhammad bin Al Munqandir sedang berdoa di tengah malam di masjid. Di tengah khusyuk dalam doa, tiba-tiba ada seseorang hadir dan kemudian duduk bersila dekat tiang masjid. Orang tampa mengenakan menutup kepalanya. Sesaat kemudian ia berdoa dengan khusyuknya.

“Ya Rabbi musim paceklik telah menyusahkan hamba-Mu. Dan aku bersumpah kepada-Mu, berilah mereka curah hujan.”

Itulah doa yang dipanjatkan. Namun ajaib, dalam sekejap doa itu dikabulkan. Hujan pun turun dengan derasnya mengguyur kota Madinah. Muhammad al Muqandir berkata dalam hatinya, “Ini orang mulia. Aku kagum kepadanya. Ini adalah kota Madinah, namun mengapa saya tidak mengenalnya.” Pikirannya menjadi penasaran siapa sebenarnya orang misterius tersebut. Ia berniat menanyakan siapa sesungguhnya yang berdoa dengan sumpah tadi. Namun setelah selesai berdoa orang tersebut pergi sambil menutupi kepalanya, seperti ingin agar orang sekitarnya tidak tahu.

Karena penasaran, ulama tersebut mengikuti hingga sampai ke sebuah rumah. Pendoa misterius tersebut kemudian berhenti dan akan masuk ke sebuah rumah. Sebelum masuk al Muqandir menyapa,” Bolehkah saya masuk?”

“Silahkan,” jawabnya.

Untuk mengatasi rasa penasarannya Al Muqandir kemudian bertanya lagi,” Sungguh aku mendengar doa sumpahmu kepada Allah SWT tadi. Wahai saudaraku apakah engkau mempunyai mata pencaharian yang mencukupi kebutuhanmu sehari-hari, sehingga engkau mengutamakan akherat?”

“Tidak,”jawabnya.

Kemudian pendoa misterius itu berkata lagi,” Jangan engkau ceritakan kepada orang lain siapa diriku sampai aku mati. Dan jangan engkau datangi aku lagi wahai Ibu Muqandir. Sebab kalau engkau menemuiku berarti mengagungkanku dan membuat aku terkenal di mata manusia.”

“Aku senang bertemu denganmu,” jawab Al Muqandir.

“Kalau begitu temuilah aku di masjid,” ujarnya.

Sejak saat itu al Muqandir sering bertemu dengan pendoa misterius itu. Namun Al Muqandir tidak pernah menceritakannya. Sampai akhirnya orang soleh yang misterius itu menghilang entah pergi ke mana. Al Muqandir tidak menceritakan siapa sebenarnya orang tersebut sampai wafat. Namun ulama itu mengatakan bahwa orang soleh yang misterius itu seperti orang Persia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

wudhu

Sejarah Singkat Wudhu

Wudhu adalah sebuah kewajiban bagi umat Islam saat akan melaksanakan salat. Namun ternyata wudhu bukanlah ibadah yang dikhususkan untuk umat Islam. Umat nabi-nabi terdahulu juga