Kisah Kambing yang Menghalangi Makbulnya Doa

Kekhusyukan menjadi salah satu sebab makbulnya doa kita.  

Salah satu faktor dikabulkannya sebuah doa adalah kekhusyukan dalam memohon kepada Allah Ta ’ala. Para ulama telah banyak memberikan tips bagaimana berdoa itu dilakukan dengan khusyuk. Memang kadar khusyuk manusia itu berbeda-beda namun tujuannya sama yaitu permohonannya dikabulkan oleh Allah Ta ‘ala.

Dikisahkan suatu hari Nabi Musa Alaihis Salam bertemu dengan seorang pria yang sedang berdoa sambil menunduk. Mulutnya tampak komat kamit memohon sesuatu kepada Allah SWT.  Melihat hal itu Nabi Musa a.s. berkata kepada Tuhan,” Tuhan, jika saja kebutuhan dia berada di tanganku, tentu saja saya akan memberikannya.”

Allah SWT kemudian menurunkan wahyu kepadanya,” Saya lebih kasih sayang kepadanya daripada kamu. Akan tetapi dia berdoa kepada Ku di tengah dia mempunyai seekor kambing. Hatinya masih teringat dengan kambingnya. Aku tidak mau mengabulkan doa seorang hamba ketika berdoa hatinya masih mengingat selain Ku.”

Mendengar firman Allah itu, Nabi Musa a.s. kemudian mendatangi pemuda tersebut. Beliau kemudian mengingatkannya dengan firman Allah itu. Pria itu lalu melupakan segala hal selain Allah Ta’ala. Ia kemudian berdoa lagi dan dikabulkan seluruh kebutuhannya.         

Memang banyak faktor yang membuat doa kita terkabul. Berdoa dengan khusyuk menjadi salah satunya. Kisah nabi Musa di atas yang disadur dari kitab Risalah Qusyairiyah karya imam Abu Qasim Al Qusyairi ini memberikan gambaran nyata tentang makna selalu mengingat Allah dalam hal apapaun

Berdoa menjadi bagian yang paling dalam kehidupan kita. Rasulullah saw. bersabda bahwa doa itu adalah otaknya ibadah. Maka melaksanakannya (berdoa) lebih utama daripada meninggalkannya. Selain itu disebutkan dalam kitab Risalah Qusyairiyah bahwa berdoa adalah kunci kebutuhan dan geriginya adalah suapan-suapan yang halal. Artinya salah satu syarat dikabulkannya doa adalah dengan menjaga kehalalan makanan.

Untuk itu marilah kita selalu berdoa dengan penuh kekhusyukan, agar Allah Ta ’ala menerima dan meridhoi doa-doa yang kita panjatkan. Wallahu A’lam bi showab.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang